Dalam rangka merayakan bulan suci ramadhan, Forum Studi Islam Sipil (FORSIS) dan Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS) membuka penggalangan dana dengan tujuan untuk disalurkan ke beberapa yayasan panti asuhan di daerah malang dan bagi-bagi takjil. Ramadhan Berbagi X Arek Sipil Peduli adalah bentuk nama kegiatan dari kolaborasi Forum Studi Islam Sipil (FORSIS) dan Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS) ini. Penggalangan dana dibuka pada tanggal 4 April 2022 hingga 11 Mei 2022.

Kegiatan bagi-bagi takjil dilaksanakan pada 23 April 2022. Terdapat total 200 paket takjil yang dibagikan pada 2 titik lokasi yaitu Jl Veteran dan Jl MT Haryono. Kegiatan pembagian takjil ini dimulai pada pukul 17.00 WIB kepada pengguna jalan setempat. Tidak butuh waktu lama, 200 paket takjil habis dibagikan dalam waktu kurang dari 30 menit.

Pembagian Takjil di Jl MT Haryono

Pembagian Takjil di Jl Veteran

Selain bagi bagi-bagi takjil, juga terdapat penyaluran donasi ke 4 panti asuhan di daerah Malang pada tanggal 15 dan 16 April 2022. Penyaluran donasi berupa uang tunai dan/atau paket sembako. Paket sembako yang diberikan disesuaikan dengan kebutuhan panti asuhan.

Di tanggal 15 April, penyaluran dilakukan ke 3 panti asuhan yaitu Panti Asuhan Niq’matul Iman, Panti Asuhan Salman, dan Panti Asuhan Mawaddah Warahmah. Kegiatan penyaluran donasi ke panti asuhan dimulai pada pukul 09.00 WIB. Tujuan penyaluran pertama yaitu Panti Asuhan Niq’matul Iman. Kemudian Panti Asuhan Salman dan dilanjut Panti Asuhan Mawaddah Warahmah. Rangkaian acara di Panti Asuhan dimulai dengan sambutan dari perwakilan panitia dilanjut dengan sambutan dari pengurus panti asuhan dilanjut dengan doa bersama dan diakhiri dengan sesi dokumentasi. Di tanggal 16 April, penyaluran dilanjut kembali ke panti asuhan terakhir yaitu Panti Asuhan Panjura dengan rangkaian acara yang sama dengan hari sebelumnya. Dengan penyaluran terakhir ke Panti Asuhan Panjura, maka berakhirlah seluruh rangkaian Kegiatan Ramadhan Berbagi X Arek Sipil Peduli.

Penyaluran ke Panti Asuhan Niqmatul Iman

Penyaluran ke Panti Mawaddah Warahmah

Penyaluran ke Panti Asuhan Salman