ADHITYA HESTHINUGROHO

Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Brawijaya

Dosen Pembimbing : Ir. Arifi Soenaryo dan Ir. Ludfi Djakfar, MSCE, Ph.D.

ABSTRAK

Dewasa ini perhatian banyak pihak terhadap kepuasan maupun ketidakpuasan konsumen telah semakin besar dan kepuasan konsumen masih merupakan konsep yang sangat relevan. Persaingan yang semakin ketat antar produsen menyebabkan setiap perusahaan harus menempatkan orientasi pada kepuasan konsumen sebagai tujuan utama. Hal ini tercermin dari perkembangan-perkembangan keyakinan para pengembang perumahan yang belakangan ini yang menempatkan kunci utama untuk memenangkan persaingan pada pemberian nilai dan  kepuasan kepada konsumen melalui produk dan jasa berkualitas dengan harga bersaing.

Tujuan diadakannya penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kepuasan konsumen perumahan di wilayah Surabaya dan Sidoarjo. (2) Untuk mengetahui faktor apa saja dan mengetahui faktor apa yang dominan yang mempengaruhi kepuasan konsumen perumahan di wilayah Surabaya dan Sidoarjo.

Penelitian ini dilakukan pada beberapa developer di wilayah Surabaya dan Sidoarjo, yang membangun perumahan kelas menengah dengan jumlah 5 (lima) perumahan kelas menengah dan 125 responden. Hasil kuisioner dianalisa dengan menggunakan analisis frekuensi, uji K-kuadrat (chi-square test), dan analisis model regresi linier berganda.

Hasil analisis frekuensi didapatkan bahwa responden menganggap variabel-variabel yang diajukan cukup dapat mewakili tingkat kepuasan konsumen. Dari hasil uji K-kuadrat pada variabel penelitian tingkat kepuasan konsumen dan tingkat kepentingan didapatkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dari variabel-variabel yang diajukan sebagai pertanyaan. Hubungan tersebut terlihat pada variabel-variabel, antara lain : variabel sarana dan prasarana dengan nilai thitung 22,553; variabel lingkungan 32,012; variabel keamanan dan kenyamanan 50,408; variabel pelayanan 54,490; variabel lokasi 49,857; variabel desain rumah 15,806; variabel harga 4,658; variabel kualitas 38,891. Sedangkan dari analisis regresi linier berganda didapatkan bahwa variabel yang mempunyai hubungan yang kurang signifikan adalah variabel harga.

Hasil penelitian ini membuktikan bahwa variabel-variabel yang diajukan oleh peneliti mempunyai hubungan terhadap tingkat kepuasan konsumen pada perumahan kelas menengah di wilayah Surabaya dan Sidoarjo.

Kata Kunci :

Kepuasan – Konsumen Perumahan – Surabaya dan Sidoarjo

 

Leave a Reply