Kunjungan ke Thailand dalam Rangka Program Hibah Dosen Berkarya (DOKAR)

Program Hibah Dosen Berkarya (DOKAR) Program Studi Sarjana Departemen Teknik Sipil Universitas Brawijaya melaksanakan kunjungan akademik di Thailand ke dua perguruan tinggi yakni Chulalongkorn University dan Rajamangala University of Technology Krungthep (RMUTK) serta dua sekolah menengah atas yakni Thammislam Foundation School dan Santichon Islamic School selama tiga hari pada tanggal 19 – 21 Agustus. Program ini merupakan salah satu kegiatan untuk memperkuat jaringan internasional dan mendukung visi dan misi universitas dalam mencapai status World Class University (WCU) dan tercapainya beberapa Indikator Kinerja Utama (IKU) Universitas Brawijaya khususnya hal internasionalisasi dalam kegiatan di luar kampus baik di bidang pengajaran, penelitian, maupun pengabdian kepada masyarakat.

 

Beberapa pimpinan dari Departemen Teknik Sipil dan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya turut berpartisipasi dalam kunjungan ini yang dipimpin oleh Bapak Prof. Ir. Hadi Suyono, ST., MT., Ph.D., IPU., ASEAN Eng. selaku Dekan FTUB. Serta turut hadir pula Wakil Dekan Bidang Akademik, Bapak Dr. Eng. Ir. Indradi Wijatmiko, ST., M.Eng. (Prac.) dan Wakil Dekan Bidang Keuangan, Umum, dan Sumber Daya, Ibu Ir. Ismu Rini Dwi Ari, MT., Ph.D.

Delegasi dari Departemen Teknik Sipil yakni Bapak Ir. Eko Andi Suryo, ST., MT., Ph.D, IPU., ASEAN Eng. (Ketua Departemen Teknik Sipil), Ibu Dr. Eng. Ir. Yatnanta Padma Devia, ST., MT. (KPS Magister Teknik Sipil), Bapak Dr. Eng. Ir. Alwafi Pujiraharjo, ST., MT. (KPS Doktor Teknik Sipil), dan Bapak Ir. Achmad Wicaksono, M.Eng., Ph.D., IPU. (Ketua Kompartemen Transportasi).

Program ini membahas berbagai peluang kolaborasi dengan kedua perguruan tinggi tersebut seperti program pertukaran mahasiswa (student exchange) dan program musim panas (summer program).

Kunjungan pertama ke Chulalongkorn University melakukan diskusi akademik bersama Prof. Kasem Choocharukul, Ph.D. (Head of Department of Civil Engineering), Assoc. Prof. Witaya Wannasuphoprasit, Ph.D. (Dean of Faculty of Engineering), dan Assoc. Prof. Natt Leelawat, D.Eng. (Assistant Dean for Communication and International Affairs, Faculty of Engineering).

Agenda selanjutnya yakni kunjungan ke Rajamangala University of Technology Krungthep (RMUTK) melakukan diskusi akademik bersama Asst. Prof. Dr. Sichol Chudjuarjeen (Vice President), Supaphorn Akkapin, Ph.D. (Dean of International College), dan Supot Rattanapun, Ph.D. (Vice Dean for Academic Affair, International College).

Diskusi akademik tersebut menghasilkan perjanjian kerja sama akademik antara Fakultas Teknik UB dengan International College RMUTK melalui penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) dan Implementation of Arrangement (IA) for Academic Cooperation and International Community Service yang menjadi dasar pelaksanaan kerja sama akademik dan pengabdian masyarakat internasional.

Agenda berikutnya yakni melaksanakan International Community Service yang dilakukan pada dua sekolah menengah atas yang difokuskan pada penyampaian edukasi mengenai jembatan dan mitigasi bencana alam (gempa bumi).

Kegiatan pengabdian dilakukan di Thammislam Foundation School yang didampingi oleh Rusun Tongta (Director of Thammislam Foundation School) beserta para guru yang kemudian dilanjutkan di Santichon Islamic School yang didampingi oleh Prasert Mussari (President of Santichon Islamic School) dan Dr. Manat Boonchom (Director of Santichon Islamic School). Kegiatan dilakukan dengan memberikan edukasi mengenai pentingnya infrastruktur jembatan, upaya mitigasi bencana, dan kesiapsiagaan terhadap gempa bumi.

 

Kegiatan tersebut juga mencakup penandatanganan Implementation of Arrangement (IA) for Academic Cooperation and International Community Service antara Universitas Brawijaya dengan kedua sekolah tersebut. Kolaborasi ini diharapkan dapat menjalin hubungan yang lebih erat dengan sekolah mitra di Thailand serta Departemen Teknik Sipil FTUB lebih dikenal di internasional terutama dalam rangka promosi International Undergraduate Program Teknik Sipil FTUB.