Logo Dept Teknik Sipil UB

Dosen dari University of Plymouth, Inggris Memaparkan Penelitian Mengenai Pengembangan Beton Daur Ulang

Pada hari Kamis (15-02-2024), Departemen Teknik Sipil FT-UB mengundang Assoc. Prof. Dr. Boksun Kim yang merupakan dosen dari University of Plymouth, Inggris untuk memberikan kuliah tamu bersama Dr. Eng. Ir. Eva Arifi, S.T., M.T. selaku moderator di Auditorium Gedung B Teknik Sipil FT-UB. Kegiatan kuliah tamu ini dihadiri sebanyak 71 orang yang merupakan dosen dan mahasiswa Teknik Sipil. Kegiatan dibuka oleh Bapak Ir. Eko Andi Suryo, S.T., M.T., Ph.D. selaku Ketua Departemen Teknik Sipil FT-UB.

Dr. Boksun Kim berdiskusi dengan peserta kuliah tamu mengenai berbagai metode penelitian pada pengembangan beton daur ulang serta pengaplikasiannya untuk mendukung keberlanjutan (sustainability) dalam industri konstruksi seperti di Britania Raya yang sudah menggunakan agregat daur ulang hingga 20% pada elemen strukturalnya. Beliau juga menyampaikan rancangan penelitiannya terkait pengembangan beton daur ulang yang kemudian ditawarkan kepada peserta kuliah tamu untuk bergabung dalam penelitian beliau tersebut. Diskusi berjalan dengan lancar terlihat dari banyaknya pertanyaan dari peserta terkait materi yang telah disampaikan beliau.

Di kesempatan ini, beliau juga memberikan penawaran untuk studi lanjut di University of Plymouth serta gambaran kehidupan di Kota Plymouth, Inggris. Tidak lupa juga disampaikan beberapa referensi beasiswa yang dapat dimanfaatkan oleh peserta kuliah tamu yang berminat untuk melakukan studi lanjut di Britania Raya atau University of Plymouth. Setelah pemaparan selesai, kuliah tamu diakhiri dengan serah terima cendera mata dan foto bersama.