Ditulis pada tanggal 12 Mei 2014, oleh Teknik Sipil FTUB, pada kategori Kegiatan

W daya saing

Hari Sabtu tanggal 10 Mei 2014 lalu jurusan Teknik Sipil FTUB menyelenggarakan Workshop Peningkatan Daya Saing Dalam Kompetisi Internasional Teknik Sipil. Kegiatan yang merupakan bagian dari Program Hibah Kompetisis (PHK) B2 Jurusan Teknik Sipil ini berlangsung di ruang sidang Jurusan dan dihadiri oleh kurang lebih 90 peserta. Acara diawali dengan sambutan dari Ketua PHK B2 Jurusan Teknik Sipil, Prof. Dr. Ir. Sri Murni Dewi, MS. dan Ketua Jurusan Teknik Sipil, Ir. Sugeng Prayitno Budio, MS yang sekaligus membuka kegiatan yang diharapkan bisa menambah pengetahuan tentang kompetisi internasional tersebut.

Dalam kegiatan ini hadir beberapa pemateri yang telah berpengalaman dalam kompetisi internasional antara lain, Dr. Ir. Wiryanto Dewobroto,MT dari Universitas Pelita Harapan Tangerang dan Agustin Krisna Wardhani, STP., M.Si., Ph.D dari Universitas Brawijaya. Dari Jurusan Teknik Sipil sendiri telah hadir Roland Martin Simatupang, ST., M.Sc. dan Saifoe El Unas, ST., MT. Keempat pemateri memberikan beragam materi seputar kompetisi internasional yang terbagi dalam dua sesi. Pada sesi pertama Dr. Ir. Wiryanto Dewobroto., MT menyampaikan materi tentang Pengenalan Atmosfir Kompetisi Nasional di Bidang Teknik Sipil serta Trik dan Tips Sukses dalam Berkompetisi. Dalam pemaparannya yang berjudul “Peran Kompetisi dalam Pendidikan untuk meluluskan insyinyur yang tangguh”, Dr. Ir. Wiryanto Dewobroto, MT  menyampaikan bahwa kompetisi bukan hanya tentang menang, tetapi tentang proses menuju pengembangan yang lebih baik. “Dalam berkompetisi tidak semua nyaman, harus dipersiapkan mental dan harapan/impian untuk memberi energy untuk menghadapinya. Impian itu sendiri bukan tentang hadiah, diri sendiri, instirusi, regional ataupun nasional. Impian adalah tentang bekerja dengan hati: Whatever you are doing let your hearts be in your work, as a thing done for the Lord and not for men”. Selanjutnya Agustin Krisna Wardani, STP., M.Si., Ph.D menyampaikan beberapa materi dengan tema Pengenalan Atmosfir Kompetisi Nasional secara global, trik dan tips penyusunan proposal, serta Teknik Presentasi atau Pemaparan Ide Berbahasa Inggris. Materi dengan judul “A strategy to increase international competitiveness” yang disampaikan oleh Ibu Agustin menggaris bawahi pentingnya kolaborasi antara pembimbing dengan mahasiswa dimana diperlukan komitmen yang tinggi untuk bisa menghadapi kompetisi internasional. Selain itu jurusan harus mendukung baik moral maupun material. Pemateri ketiga, yaitu Roland Martin Simatupang, ST., M.Sc menyampaikan materi yang berkaitan tentang kompetisi IDEERS di Taiwan serta bagaimana penyusunan proposal untuk kompetisi tersebut. IDEERS adalah kompetisi untuk mendesain dan membangun model bangunan dalam waktu 6,5 jam termasuk lunch time. Beliau menyampaikan bahwa dalam kompetisi ini tidak hanya otak yang berpengaruh tetapi juga kemampuan. Oleh karena itu, peserta harus terus mengasah kemampuan mereka agar siap menghadapi kompetisi ini.

Pada sesi kedua, pemateri terahir yaitu Saifoe El Unas, ST., MT. menyampaikan materi yang berisi motivasi bagi mahasiswa untuk berperan aktif dengan mengadakan games untuk peserta. Dengan kegiatan ini peserta workshop yang mayoritas adalah mahasiswa S1 diharapkan bisa lebih bersemangat dan percaya diri untuk mengikuti kompetisi internasional dan menghadapi pesaing dari berbagai Negara. (gwp)