Ditulis pada tanggal 29 November 2013, oleh Teknik Sipil FTUB, pada kategori Pengumuman

Sekitar 500 orang memenuhi Gazebo Kedokteran Universitas brawijaya, Kamis 28 November 2013. Kesemuanya ini adalah peserta dari Kompetisi Jembatan Indonesia (KJI) IX dan Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia (KBGI) V.  34 Finalis yang terjaring dari terdiri dari 8 Finalis dari kategori Jembatan Baja, 8 Finalis dari Kategori Jembatan Kayu, 9 Finalis kategori Jembatan Busur, dan 9 Finalis Kategori Bangunan Gedung. Masing- masing tim mendaftarkan 4 Anggota kelompok dan dilengkapi 20 kru untuk membangun model jembatan maupun bangunan pada kompetisi bertaraf nasional ini. Selain para peserta turut hadir Rektor UB Prof. Dr. Ir Yogi Sugito, Pembantu Rektor 3 Ir. H.R.B. Ainurrrasyid, MS, Dekan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya merangkap Ketua Pelaksana Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, MS.

WP-KJI

Acara sendiri berlangsung meriah dengan penampilan-penampilan dari Unit Keterampilan Mahasiswa (UKM) antara lain, Tari, Paduan Suara (PSM) dan Homeband. Pukul 19.00 Tepat, Prof. Bisri selaku ketua pelaksana dan Dekan Fakultas Teknik memberikan sambutan selamat datang bagi para finalis KJI maupun KJBI.

Setelah sambutan dari Prof. Bisri pembawa acara lalu mempersilahkan Rektor UB, Prof. Yogi untuk memberikan sambutannya sekaligus membuka rangkaian acara KJI dan KBGI. Dalam sambutannya Yogi menyampaikan kebanggaannya bahwa UB dipercaya untuk menjadi tuan rumah untuk ajang tahunan bergengsi untuk keilmuan teknik sipil ini. “Saya mengharapkan peserta dan para tamu dan undangan dapat merasa nyaman dengan apa yang telah kami sediakan sehinngga dapat berkompetisi dengan optimal dan sportif”. Sambut beliau. “ Secara khusus saya juga berharap agar adek-adek dari teknik sipil UB dapat mempertahankan Gelar Juara umum yang telah direbut tahun lalu”. Imbuh beliau menanggapi prestasi Mahasiswa Teknik Sipil FTUB yang berhasil menjadi Juara Pada KJI VIII dan KBGI IV di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, tahun 2012 lalu.

Sekilas Mengenai Kompetisi KJI dan KBGI, tujuan dari diadakannya kompetisi ini sebenarnya adalah mendorong dan menumbuh-kembangkan kreatifitas  mahasiswa dalam bidang perancangan, konstruksi dan  perawatan jembatan serta bangunan. Untuk Kompetisi bangunan Gedung sendiri isu ketahanan terhadap Gempa mengingat Indonesia maerupakan area rawan gempa. Jembatan Kokoh, Praktis, Inovatif dan Berwawasan Lingkungan. Untuk itu KJI dan KBGI tahun ini mengusung Tema yang menarik, KJI sendiri mengusung Tema “Jembatan Kokoh, Praktis, Inovatif dan Berwawasan Lingkungan” sedangkan KBGI mengusung Tema “ Rumah Kayu Bertingkat Yang Handal dan Berwawasan Nusantara”.

Acara lalu dilanjutkan dengan hiburan-hiburan termasuk medley lagu dan tarian Gita Nusantara yang merupakan kolaborasi dari PSM, Homeband dan UKM Tari. Tak ingin tanggung-tanggung menyambut para tamu dari seluruh Indonesia, Yohana, mahasiswa FEB yang adalah finalis X-Factor Indonesia turut diundang meramaikan suasana. (emis)

-Berita diambil dari teknik.ub.ac.id