Webinar “Transformation To Be A Digital Construction Era”

Webinar ini mengangkat tema “Transformation To Be A Digital Construction Era” yang disampaikan oleh dua pemateri dari alumni Teknik Sipil Universitas Brawijaya sendiri, yaitu Rezza Munawir Manik, S.T., M.T., MMG dari Ditjen Bina Konstruksi Kementrian PUPR dan Frury Firdana Rizki S.T dari Manager Head of BIM Operation Section Of Infrastructure Division.

oleh | Agu 22, 2020 | Berita

Disituasi seperti saat ini, hampir semua acara seminar dilakukan secara virtual. Sama halnya juga webinar yang diselenggarakan oleh Teknik Sipil Universitas Brawijaya pada hari Sabtu, 15 Agustus 2020. Konsep kuliah tamu secara virtual kali ini merupakan penyelenggaraan pertama kali yang diketuai oleh Permana Akbar M. P. mahasiswa Teknik Sipil Universitas Brawijaya. Webinar ini mengangkat tema “Transformation To Be A Digital Construction Era” yang disampaikan oleh dua pemateri dari alumni Teknik Sipil Universitas Brawijaya sendiri, yaitu Rezza Munawir Manik, S.T., M.T., MMG dari Ditjen Bina Konstruksi Kementrian PUPR dan Frury Firdana Rizki S.T dari Manager Head of BIM Operation Section Of Infrastructure Division.

Dokumentasi Room Meeting

Webinar diikuti oleh kurang lebih 200 peserta termasuk panitia dan jajaran dosen Teknik Sipil UB. Webinar ini dipimpin oleh bapak Ir. Ananda Insan Firdausy, S.T., M.T., M.Sc selaku moderator. Kegiatan ini dibuka dengan kata penyambutan dari Dr. Eng. Alwafi Pujiraharjo, ST, MT selaku ketua jurusan Teknik Sipil Universitas Brawijaya. Lalu dilanjut dengan pemberian materi oleh kedua permateri. Permateri pertama yaitu Rezza Munawir Manik, S.T., M.T., MMG yang memberikan materi tentang BIM (Building Information Modelling) secara general meliputi regulasi, kebijakan dan contoh penerapan. Setelah itu, dilanjutkan pemaparan materi oleh permateri kedua yakni Frury Firdana Rizki S.T. yang memberikan materi mengenai penerapan BIM dalam proyek PP, contoh kasus dan teknologi digital selain BIM. Materi yang disampaikan oleh pemateri berhubungan dengan sistem teknologi yang digunakan dalam dunia konstruksi, lebih tepatnya perihal digitalisasi konstruksi. Kegiatan  webinar tersebut berlangsung selama kurang lebih tiga jam yang dibagi menjadi sesi penyampaian materi dan sesi tanya jawab dan acara berakhir pada pukul 13.50 WIB. Sebelum acara berakhir, setiap peserta yang ikut dalam webinar “Transformation To Be A Digital Construction Era” akan menjawab pertanyaan dalam google form dan diberikan reward bagi peserta yang mendapat poin tertinggi dalam menjawab pertanyaan dalam google form.

Dengan adanya kegiatan seperti ini diharapkan para peserta mendapatkan pengetahuan baru yang belum didapat di dunia perkuliahan dan wawasan terkait gambaran dunia pekerjaan khususnya dalam teknologi konstruksi seperti Building Information Modelling (BIM) yang nantinya bisa memotivasi agar bisa sukses. Seperti yang kita ketahui, kegiatan ini merupakan kali pertama Teknik Sipil Univeristas Brawijaya menyelenggarakan webinar. Semoga kedepannya akan terus diselenggarakan webinar lain untuk menunjang wawasan bagi setiap mahasiswa. Salam hangat, Hidup Sipil!

Pemaparan materi dari Rezza Munawir Manik, S.T., M.T., MMG

 

Pemaparan materi dari Frury Firdana Rizki S.T