Sosialisasi Kurikulum 2020

Sosialisasi kurikulum diberikan oleh ketua program studi bersama dengan tim kurikulum secara daring untuk memaparkan pembaharuan kurikulum yang berkaitan dengan kampus merdeka.

oleh | Agu 25, 2020 | Berita

Seiring dengan penyesuaian terhadap kemajuan teknologi dan perkembangan keilmuan serta penyesuaian kebutuhan pasar, pada tanggal 20 Agustus 2020. Jurusan Teknik Sipil Universitas Brawijaya mengadakan Sosialisasi Kurikulum 2020/2021. Dalam situasi seperti ini, Sosialisasi Kurikulum diadakan secara virtual dan disosialisasikan oleh Ketua Program Studi S1 Dr. Eng Ir. Indradi Wijatmiko, ST., M.Eng (Prac.). Perubahan Kurikulum mencakup visi jurusan Teknik Sipil Universitas Brawijaya yaitu “Menjadi lembaga pendidikan tinggi teknik sipil yang berwawasan global dan berdaya saing tinggi pada tahun 2020”. Kurikulum baru yang di sosialisasikan akan diterapkan pada Semester Ganjil 2020/2021.

Jurusan Teknik Sipil Universitas Brawijaya memiliki beberapa acuan untuk mengkaji perubahan kurikulum, antara lain Learning Outcomes of IABEE 2020, Pedoman Universitas Brawijaya tahun 2020, Keputusan Badan Musyawarah Perguruan Tinggi Teknik Sipil Seluruh Indonesia 2020, dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 tahun 2020 yang mengatur tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi.

Kegiatan Sosialisasi Perubahan Kurikulum Jurusan Teknik Sipil Universitas Brawijaya juga mengenalkan sistem merdeka belajar atau “Kampus Merdeka”. Kampus Merdeka merupakan kampus yang memberikan hak kepada mahasiswa untuk belajar tiga semester atau 60 SKS di luar program studi. Sistem ini bersifat opsional, sehingga mahasiswa bisa memutuskan untuk menggunakan sistem ini atau tidak. Jalur Merdeka Belajar yang akan diterapkan memiliki 3 konsep, yakni Pendidikan reguler (sepenuhnya dalam program studi), Pendidikan merdeka belajar 1 semester dalam Universitas Brawijaya (UB), dan Pendidikan merdeka belajar 1 semester di dalam UB dan 1 semester di luar UB.

Jurusan Teknik Sipil Universitas Brawijaya telah menjalin kerja sama untuk menjalankan program pada perubahan kurikulum. Kerjasama tersebut dijalin dengan Universitas Udayana, Universitas Sumatera Utara, Universitas Mulawarman, dan Universitas Hasanuddin. Untuk lingkup kegiatan pembelajaran di luar program studi untuk saat ini yang dapat diambil yaitu kegiatan Magang/Praktik Kerja dan Pertukaran Pelajar. Perubahan kurikulum juga akan menambahkan mata kuliah salah satu contohnya, mata kuliah PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) yang akan diprogramkan pada mahasiswa angkatan 2020.

Pemaparan perubahan kurikulum oleh Dr. Eng Indradi Wijatmiko, ST., M.Eng (Prac.)

Pemaparan perubahan kurikulum oleh Dr. Eng Indradi Wijatmiko, ST., M.Eng (Prac.)