galerifoto galerivideo
  • Tim Brawijaya mulai merakit model bangunan tahan gempa

Partnership

logo wika kecil logo polri kecil logo jatim kecil logo nindya karya kecildepartemen-pekerjaan-umum

Workshop Peningkatan Pemahaman Akreditasi Internasional (AUN)

image_pdfimage_print

120858

Pada kesempatan kali ini (Sabtu, 11 April 2015), Teknik Sipil Universitas Brawijaya menyelenggarakan workshop dengan tema “Peningkatan Pemahaman Akreditasi Internasional (AUN)”. Asean University Network (AUN) adalah sebuah asosiasi seluruh perguruan tinggi di Asia Tenggara yang bertujuan untuk meningkatkan atau menyamakan kualitas universitas-universitas di negara anggota ASEAN. AUN merupakan badan sertifikasi berupa Asessment Process yang akan menilai berdasarkan proses. Sedangkan Quality Assurance (QA) merupakan sistem peningkatan kualitas pendidikan. AUN-QA sendiri merujuk pada standar akreditasi internasional. Perguruan tinggi yang menempuh AUN-QA ini nantinya akan mendapatkan feedback berupa sertifikat dan program peningkatan kualitas pendidikan.

Workshop dimulai sekitar pukul 09.30 WIB dan dibuka dengan sambutan dari ketua pelaksana workshop yaitu Prof. Dr. Ir. Sri Murni Dewi, MS. Workshop dihadiri oleh jajaran dosen fakultas teknik Universitas Brawijaya dan dipimpin oleh  Dr. Eng. Ming  Narto selaku moderator.

Workshop kali ini diisi oleh tiga pemateri yaitu: Ir. Achmad Wicaksono selaku  PJM Universitas Brawijaya yang membawakan materi tentang “Pengenalan Sistem Sertifikasi AUN-QA (Asean University Network – Quality Assurance) untuk Tingkat Program Studi“. Dilanjutkan dengan materi kedua mengenai “Preparing AUN-QA SELF-ASSESSMENT REPORT” oleh  Prof. Satria Bijaksana selaku assesor AUN dari Indonesia, dan Ir. Luthfi Djafar, M.Eng, Ph.D dengan judul “ AUN QA Certification Program”.

Workshop ini membahas mengenai kriteria penilaian AUN-QA. Kriterianya antara lain berdasarkan hasil pembelajaran yamg diharapkan, spesifikasi program, struktur program dan konten kontennya, strategi pembelajaran, penilaian dari siswa itu sendiri, kualitas staf akademis, dukungan kualitas.staff, dsb. Bahasan selanjutnya adalah mengenai penilaian score dari kriteria yang ada. Score yang tercantum menunjukan tingkat kualitas pendidikan di perguruan tinggi tersebut. UB yang memiliki misi untuk menjadi world class tidak akan menyia-nyiakan kesempatan ini, sehingga perlu dipersiapkan segala sesuatunya untuk akreditasi tahun ini.

Setelah penyampaian materi, acara dilanjutkan dengan sesi diskusi yang dipimpin oleh moderator. Sesi diskusi dibagi menjadi dua sesi dengan tiga pertanyaan dari peserta untuk masing-masing sesi. Pada sesi diskusi ini peserta aktif memberikan pertanyaan seputar materi yang dibahas.

Setelah sesi tanya jawab selesai dilaksanakan penyerahan vendel kepada pemateri oleh pihak jurusan Teknik Sipil Universitas Brawijaya. Workshop yang diadakan hari ini diharapkan para peserta lebih memahami tentang AUN sehingga mampu memberikan dampak pada peningkatan kualitas prodi Teknik Sipil  Universitas Brawijaya agar dapat bersaing di kancah internasional. (struktur – inka/valni/rahmi)

Translate »