galerifoto galerivideo
  • Tim Brawijaya mulai merakit model bangunan tahan gempa

Partnership

logo wika kecil logo polri kecil logo jatim kecil logo nindya karya kecildepartemen-pekerjaan-umum

Sistem Penjaminan Mutu

image_pdfimage_print

Penjaminan mutu perguruan tinggi adalah proses penetapan dan pemenuhan standar mutu pengelolaan perguruan tinggi secara konsisten dan berkelanjutan, sehingga semua pemangku kepentingan memperoleh kepuasan. Universitas Brawijaya beserta unit kerjanya termasuk di dalamnya Jurusan Teknik Sipil telah melakukan sistem penjaminan mutu ini.

Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya berdasarkan Visi, Misi, Tujuan, Sasaran dan Strategi Pencapaian Jurusan Teknik Sipil yang telah disusun serta mengacu pada Rencana Strategis dan Program Kerja, dalam menyelenggarakan proses pendidikan harus memenuhi standar mutu pendidikan sehingga menjamin mutu lulusan sesuai dengan kompetensi yang ditetapkan/dijanjikan. Hal ini tentunya harus dilaksanakan secara konsisten dan ditingkatkan secara berkelanjutan.

Untuk itu telah dibentuk Tim Unit Jaminan Mutu (UJM) di Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya, Malang sejak tahun 2007 dengan koordinasi dengan Pusat Jaminan Mutu (PJM) di tingkat universitas dan Gugus Jaminan Mutu (GJM) di tingkat fakultas. Organisasi fungsional Tim UJM ini telah mengalami pergantian sebanyak 5 kali dan kesemuanya berdasarkan Surat Keputusan Dekan Fakultas Teknik.

Tim UJM Jurusan Teknik Sipil ini telah membuat dokumen penjaminan mutu dengan koding tertentu serta membantu jurusan dalam mengevaluasi kinerja akademik yang secara rutin diaudit dua kali dalam setahun oleh Pusat Jaminan Mutu Universitas Brawijaya. Audit pertama merupakan audit sistem dan audit kedua merupakan audit kepatuhan.

Struktur organisasi, dokumentasi, sosialisasi, audit dan tindakan korekasi akan dijabarkan dalam web site ini dengan harapan seluruh civitas dapat memperoleh dan memahami informasi secara cepat mengenai penjaminan mutu di Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya ini.

Translate »