galerifoto galerivideo
  • Tim Brawijaya mulai merakit model bangunan tahan gempa

Partnership

logo wika kecil logo polri kecil logo jatim kecil logo nindya karya kecildepartemen-pekerjaan-umum

Teknik Sipil Seleksi Peserta Kompetisi Bangunan Tahan Gempa di Taiwan (IDEERS 2017)

image_pdfimage_print

Menghadapi kompetisi bangunan tahan gempa tingkat Internasional di Taiwan (IDEERS 2017), Jurusan Teknik Sipil Universitas Brawijaya melakukan seleksi internal peserta yang akan didelegasikan untuk mengikuti kompetisi ini.

Pada hari Selasa (11/7), Rabu (12/7), dan Jumat (15/7) sebanyak lima tim mengikuti seleksi ini, dengan masing-masing tim terdiri dari empat orang mahasiswa. Lima tim tersebut antara lain BANUWARA Team, AKUSARA Team, OBEA Team, ALPHABET Team, dan FANA Team. Dari kelima tim akan dipilih satu tim terbaik yang akan mewakili Jurusan Teknik Sipil Universitas Brawijaya dalam ajang Internasional tersebut.

Seleksi ini meliputi tiga tahap penilaian yaitu presentasi proposal, perakitan model bangunan tahan gempa, dan pengujian model bangunan tahan gempa. Seleksi hari pertama (11/7) yaitu Sesi Presentasi proposal dilakukan oleh peserta mahasiswa di hadapan Tim Dosen yang sebagai Juri dalam acara seleksi ini.

Kelima tim peserta ini saling menunjukkan keunggulan dari masing-masing model bangunannya seperti berat bangunan yang ringan, metode perakitan, hingga kemampuan model menahan gempa. Dimana keunggulan-keunggulan tersebut akan digunakan sebagai dasar dalam perhitungan ER (Efficiency Ratio).

Pemenang dalam kompetisi ini akan ditentukan dengan peserta yang memperoleh nilai ER terbesar, dimana nilai ER dipengaruhi oleh Berat model bangunan, berat mass-blocks yang ditahan model bangunan, dan besarnya PGA (peak ground acceleration) yang mampu ditahan. Kemudian sesi pertama ini ditutup dengan evaluasi oleh Tim Juri dengan memberikan tanggapan dan masukan untuk masing-masing proposal.

Banuwara Team

Banuwara Team

 

AKUSARA Team

AKUSARA Team

 

OBEA Team

OBEA Team

 

ALPHABET Team

ALPHABET Team

 

FANA Team

FANA Team

Dilanjutkan dengan sesi kedua pada hari yang sama dengan perakitan model bangunan tahan gempa yang sudah dipresentasikan berdasarkan proposal masing-masing peserta. Kelima tim peserta ini melakukan perakitan model bangunannya untuk dilakukan pengujian.

Pada kompetisi IDEERS sesungguhnya, waktu yang disediakan untuk melakukan perakitan model bangunan adalah 6,5 jam (termasuk istirahat makan siang). Sehingga tim perserta seleksi ini berupaya merakit model bangunannya kurang dari waktu yang disediakan tersebut.

Seleksi Tahap II - Perakitan model bangunan tahan gempa

Seleksi Tahap II – Perakitan model bangunan tahan gempa

Sesi ketiga yaitu pengujian model bangunan yang telah dirakit oleh masing-masing tim peserta  pada Rabu (12/7) dan Jumat (15/7). Pada sesi pengujian ini masing-masing model bangunan dilakukan pengujian dengan empat siklus besaran gempa buatan. Dari pengujian tersebut akan dilihat respons dan karakteristik bangunan dalam menahan gempa.

Seleksi III - Pengujian model bangunan

Seleksi III – Pengujian model bangunan

Dari semua tahap penilaian yang telah dilalui oleh peserta, selanjutnya Tim Juri melakukan rapat untuk memberikan penilaian secara total terhadap masing-masing model bangunan tahan gempa. Setelah melewati diskusi panjang yang cukup alot dengan mempertimbangkan berbagai aspek penilaian, Tim Juri yang dalam hal ini diwakili oleh Ari Wibowo, Ph.D selaku Ketua Tim Juri mengumumkan bahwa Tim yang terpilih dan mendapat kesempatan untuk mengikuti kompetisi IDEERS 2017 di Taiwan  adalah AKUSARA team.

Semua tim sudah secara maksimal menunjukkan performa mereka dalam mengikuti rangkain seleksi ini, tim yang tidak terpilih bukan berarti tidak baik, setiap tim memiliki keunggulan masing-masing. Dosen lulusan Australia yang sekaligus sebagai Ketua Program Studi Doktor ini juga menambahkan “Tim yang terpilih akan menjalani latihan serta melakukan simulasi pengujian untuk dievaluasi, kemudian akan dilakukan optimasi untuk mendapatkan desain model bangunan yang efektif”.

Mengingat waktu persiapan yang tidak terlalu lama mengharuskan tim maupun pembimbing harus bekerja keras untuk memberikan yang terbaik dalam mengikuti kompetisi ini. Kompetisi IDEERS 2017 akan diselenggarakan pada tanggal 22-23 september 2017 di National Center for Research on Earthquake Engineering (NCREE) Taiwan. [Aif]

 

 

 

 

 

 

 

Translate »