galerifoto galerivideo
  • Tim Brawijaya mulai merakit model bangunan tahan gempa

Partnership

logo wika kecil logo polri kecil logo jatim kecil logo nindya karya kecildepartemen-pekerjaan-umum

Teknik Sipil Raih Juara 2 dalam PKM Rektor Cup 2017

image_pdfimage_print

pkmgt1Dalam ajang Program Kreativitas Mahasiswa Baru (PKM) UB Rektor Cup 2017, kontingen dari teknik sipil berhasil meraih juara dua (medali perak) dalam kategori PKM-GT. Kegiatan adu inovasi dan kreativitas ini dilangsungkan pada hari sabtu (18/3/2017) bertempat di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK UB).

Kontingen dari Teknik Sipil yang mewakili kontingen Fakultas Teknik ini bersaing dengan 199 tim lainnya seluruh universitas brawijaya, baik kampus UB malang maupun UB Kediri. Tim yang memperoleh medali perak tersebut beranggotakan Dimas Januar Arthayoga Bendesa, Kusuma Putri Wahyu Abadi, Moch. Aldin Cendekiawan Putra, Bayu Indra Pambudi, dan M. Ahmes Avisiena Helvin, dibawah bimbingan dosen Dr.Eng Indradi Wijatmiko, ST, M.Eng (Prac) dengan mengusung judul Pembangkit Listrik Tenaga Hujan Berbasis Sistem Siphonik dan Piezoelektrik.

Melalui karya ini, tim kontingen ingin memberikan solusi terhadap masalah yang kerap dialami masyarakat Indonesia akibat curah hujan yang tinggi yaitu banjir dan kebocoran pada atap karena adanya genangan air dengan sistem siphonik serta padamnya sumber energi listrik dengan menggunakan piezoelektrik. Cara kerja sistem ini adalah air hujan yang menggenang di atap dihisap secara cepat dan berkala melalui sistem siphonik. Air hujan tersebut mengalir secara gravitasi menuju sistem piezoelektrik. Tekanan air akan menghasilkan energi potensial dan energi kinetik yang selanjutnya dikonversikan menjadi energi listrik mengusung konsep piezoelektrik, listrik yang dihasilkan dialirkan dalam baterai untuk disimpan dan digunakan sesuai kebutuhan. Air hujan yang telah melewati sistem piezoelektrik akan diolah secara sederhana untuk dapat digunakan kembali dan ditampung didalam suatu tanki. Apabila tanki telah penuh maka aliran air akan menuju sumur resapan untuk dapat dikembalikan kedalam tanah tanpa membebani saluran drainase.

pkmgt2

Pembangkit Listrik Tenaga Hujan Berbasis Sistem Siphonik dan Piezoelektrik

Dalam waktu yang singkat, mahasiswa dan dosen pembimbing telah mengupayakan persiapan sebaik mungkin, baik persiapan tingkat jurusan maupun persiapan tingkat fakultas. “Diharapkan hasil PKM ini dapat dikembangkan lagi lebih jauh, sehingga hasilnya benar-benar dapat diterapkan di masyarakat serta dapat memberikan manfaat yang lebih luas.“ ujar Dr. Eng Indradi. [aif]

Translate »