galerifoto galerivideo
  • Tim Brawijaya mulai merakit model bangunan tahan gempa

Partnership

logo wika kecil logo polri kecil logo jatim kecil logo nindya karya kecildepartemen-pekerjaan-umum

Program Studi S1 kembali mendapatkan Akreditasi A BAN-PT

banner

Pada tanggal 13 Juli 2018, Program Studi Jenjang S1 Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya menerima kedatangan 2 asesor BAN-PT, yaitu Prof. Dr.-ing. Herman Parung, M.Eng dari Universitas Hasanuddin dan Dr. Ir. Heru Purnomo, DEA dari Universitas Indonesia. kedatangan kedua asesor tersebut berkaitan dengan proses asesmen lapangan (AL) setelah 1 bulan sebelumnya Program Studi telah mengupload dokumen borang akreditasi melalui SAPTO untuk proses asesmen kecukupan (AK).

Kegiatan Asesmen Lapangan dibuka oleh Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani AR., MS. selaku Rektor UB yang kemudian dilanjutkan dengan klarifikasi penyusunan dokumen borang 3B, borang 3A serta sesi dosen di pagi hari. Kegiatan dilanjutkan kembali setelah sholat Jumat dengan sesi pada mahasiswa, pengguna lulusan dan alumni. Kegiatan sore hari diakhiri dengan tinjauan lapangan ke Gedung A, Gedung C dan Gedung D Jurusan Teknik Sipil FTUB.

visitasi 2

   visitasi 1

                                                                                                                            Kedua asesor meninjau secara menyeluruh fasilitas sarana dan prasarana yang digunakan oleh Program Studi jenjang S1 Teknik Sipil. Pada Laboratorium Struktur dan Bahan Konstruksi, kedua asesor dipandu oleh kepala laboratorium Prof. Dr. Ir. Sri Murni Dewi, MS. yang juga memperlihatkan beberapa peralatan forensik bangunan seperti hammer test, UPV-test, Profometer dan Hardness test. Selanjutnya ditemani oleh Ir. Sugeng P. Budio, MS., IPM., kedua asesor menuju ruang Rekording untuk melihat kesigapan staff dalam melaksanakan tugas keseharian termasuk dalam mengolah data yang disajikan melalui SIDEA. Diakhir kunjungan, kedua asesor menghampiri Civil Corner, unit kewirausahaan mahasiswa untuk melihat kegiatan wirausaha mahasiswa Jurusan Teknik Sipil.

berita acara

berita acara 2

Kegiatan asesmen lapangan diakhiri dengan penyerahan berita acara unit program studi yang diberikan oleh Dr. Ir. Heru Purnomo, DEA. kepada Dr.Eng. Indradi Wijatmiko, ST., M.Eng selaku Kaprodi S1 dan berita acara unit pengelola program studi yang diberikan oleh Prof. Dr.-ing. Herman Parung, M.Eng kepada Dr. Ir. Pitojo Trijuwono, MT. selaku Dekan Fakultas Teknik. Selanjutnya proses asesmen dinilai dan dievaluasi oleh BAN PT dengan memperhatikan penilaian AK dan AL serta berita acara yang telah disusun.

foto bersama 2

Pada tanggal 24 Juli 2018, BAN-PT memberikan hasil akreditasi berdasarkan keputusan No. 1885/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2018 dengan menyatakan bahwa Program Studi Teknik Sipil pada Program Sarjana Universitas Brawijaya Kota Malang terakreditasi dengan peringkat A dan memiliki nilai penilaian sebesar 378. Sertifikat akreditasi yang diberikan berlaku selama 5 (lima tahun) sejak tanggal 24 Juli 2018 sampai dengan 24 Juli 2023.

hasil akreditasi s1

Hasil sertifikat dapat diunduh pada link berikut

Sedangkan hasil keputusan penilaian BAN-PT dapat diunduh pada link berikut

Pada tanggal 31 Juli 2018, Jurusan Teknik Sipil mengadakan syukuran atas hasil akreditasi program studi jenjang S1 yang membanggakan dan mengembirakan. Syukuran yang dilaksanakan di Ruang Sidang Lt. 2 Gedung A dihadiri oleh para undangan ketua jurusan, ketua program studi, dosen Teknik Sipil, dosen purnatugas serta mahasiswa. Dr.Eng, Alwafi Pujiraharjo, ST., MT. selaku ketua jurusan menyatakan bahwa keberhasilan mempertahankan akreditasi A tidak hanya buah kerja dari tim penyusun borang yang diketuai oleh Dr.Eng. Yatnanta Padma Devia, ST., MT. namun juga oleh seluruh civitas akademika yang telah memperjuangkan dan bekerja keras dalam setiap proses pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Ucapan terima kasih disampaikan kepada seluruh civitas akademika, pengguna lulusan, alumni, dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa, terutama bagi dosen purnatugas dan dosen senior yang telah sejak dahulu membuat landasan yang kokoh dan kompak sehingga hasil ini dapat tercapai.

IMG_2686

IMG_2673

IMG_2675

                                                                                                                                    Meski demikian, hasil yang diraih merupakan tantangan bagi Program Studi untuk terus mengembangkan dan memajukkan kegiatan tridharma perguruan tinggi pada level yang lebih tinggi. Hasil yang diraih semoga dapat senantiasa memberikan barokah dan manfaat bagi semua.

Ucapan terima kasih juga ditujukan bagi para asesor, Prof. Dr.-ing. Herman Parung, M.Eng  dan Dr. Ir. Heru Purnomo, DEA., yang telah berkenan memberikan asesmen pada Program Studi Jenjang S1 Jurusan Teknik Sipil FTUB.

Translate »