galerifoto galerivideo
  • Tim Brawijaya mulai merakit model bangunan tahan gempa

Partnership

logo wika kecil logo polri kecil logo jatim kecil logo nindya karya kecildepartemen-pekerjaan-umum

Program Studi S1 Jurusan Teknik Sipil Raih Akreditasi A dengan Nilai 373

image_pdfimage_print

Terhitung mulai tanggal 30 Oktober 2013, Program Studi S1 Jurusan Teknik SIpil FTUB secara resmi memperoleh Akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi  (BAN-PT). Hebatnya, Jurusan ini meraih akreditasi A dengan nilai yang meyakinkan, yaitu 373. Sebagai catatan, sebelumnya Jurusan ini terakreditasi B, dan setelah melalui proses reakreditasi yang berlangsung selama 3 hingga 5 September 2013 lalu akhirnya Jurusan ini resmi memperoleh akreditasi A. Saat itu tim asesor BAN-PT terdiri dari 2 orang yaitu Prof. Dr. Ir. Muh. Saleh Pallu, M.Eng (Universitas Hasanuddin) dan Prof. Dr. Ir. Nur Yuwono, Dipl.HE (Universitas Gadjah Mada).

Menurut Ketua Jurusan Teknik Sipil, Ir. Sugeng P. Budio, MS., reakreditasi ini telah dipersiapkan oleh jurusan selama 3 tahun. Dengan memaksimalkan kinerja Unit Jaminan Mutu (UJM), setiap minggu rutin diadakan pertemuan untuk mempersiapkan reakreditasi ini sekaligus membentuk PIC reakreditasi serta mempersiapkan dokumen Borang 3A dan 3B sesuai dengan ketentuan BAN-PT. Untuk diketahui, dosen senior Jurusan Teknik Sipil sekaligus Dekan FTUB Periode 1992-1995 Ir. Suroso, Dipl. HE., M.Eng diamanahi oleh jurusan untuk menjadi PIC reakreditasi Program Studi S1 Jurusan Teknik SIpil ini.

Tidak hanya meningkatkan kualitas sarana dan prasarana pendidikan, utamanya jurusan ini meningkatkan proses Tri Dharma Perguruan Tinggi di jurusan tersebut. Proses dan kegiatan pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, dan kerjasama dengan pihak luar ditingkatkan dan dipersiapkan dengan sangat matang.

“Strategi yang kita terapkan selain mempersiapkan semua dokumen-dokumen yang diperlukan untuk akreditasi, kita buat suasana akademik ini sebaik dan senyaman mungkin. Lalu hubungan antara dosen dengan dosen, dosen dengan karyawan, dosen dengan mahasiswa, karyawan dengan mahasiswa, dan mahasiswa dengan mahasiswa harus kondusif. Sehingga semua elemen mulai dari mahasiswa, karyawan dan dosen semua ikut berpartisipasi untuk mempersiapkan akreditasi tersebut.” tambah dosen yang juga alumni Jurusan Teknik Sipil FTUB tersebut.

Masih menurut beliau untuk mempertahankan nilai ini ke depannya tantangannya jauh lebih berat. “Kita harus kerja lebih keras dan keras lagi. Sehingga kami telah mempersiapkan kaderisasi di Jurusan ini dengan mempersiapkan Doktor-Doktor muda untuk mulai aktif menjalankan tugasnya yaitu persiapan akreditasi ke depan.” pungkasnya. (andi)

Translate »