Sejarah

Teknik Sipil adalah satu dari dua jurusan pertama di Fakultas Teknik selain Jurusan Mesin. Fakultas Teknik dengan dua jurusan pertama ini merupakan upaya penyeimbangan jumlah antara fakultas eksakta dengan non-eksakta yang telah ada. ¬†Pemrakarsa dari dibukanya Fakultas Teknik ini antara lain Ir. Imam Soetjipto (Pegawai Pekerjaan Umum Kotapraja Malang), Ir. Soemadi (Anggota Zeni Angkatan Darat) […]

oleh | Jul 18, 2011

image_pdfimage_print

Teknik Sipil adalah satu dari dua jurusan pertama di Fakultas Teknik selain Jurusan Mesin. Fakultas Teknik dengan dua jurusan pertama ini merupakan upaya penyeimbangan jumlah antara fakultas eksakta dengan non-eksakta yang telah ada.

 Pemrakarsa dari dibukanya Fakultas Teknik ini antara lain Ir. Imam Soetjipto (Pegawai Pekerjaan Umum Kotapraja Malang), Ir. Soemadi (Anggota Zeni Angkatan Darat) dan M. Soejadi (Kepala Pekerjaan Umum Kotapraja Malang). Hal ini disebut baik oleh Ir. Suryono selaku Kepala Proyek Brantas.

Akhirnya, bersama dengan para perintis yang lain, Ir. Soejoso, Ir. J. Tahir, Ir. Soebagio, Ir. Lud Soedarto, dan Ir. Tan Po Tjiang mendirikan Fakultas Teknik di Universitas Brawijaya. Diresmikan pada tanggal 23 Oktober 1963 berdasarkan pada S.K. Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan No. 167 tahun 1963.