galerifoto galerivideo
  • Tim Brawijaya mulai merakit model bangunan tahan gempa

Partnership

logo wika kecil logo polri kecil logo jatim kecil logo nindya karya kecildepartemen-pekerjaan-umum

Laboratorium Transportasi dan Penginderaan Jauh

Lab.jln raya

Latar Belakang

Permasalahan transportasi yang timbul terutama transportasi darat dipengaruhi oleh peningkatan laju pertumbuhan penduduk dan juga peningkatan kebutuhan hidup masyarakat. Kondisi ini menuntut adanya penyediaan sarana dan prasarana transportasi jalan raya, dimana merupakan salah satu faktor utama yang tidak dapat ditinggalkan. Permasalahan manajemen pengaturan transportasi serta kerusakan dari konstruksi jalan raya memerlukan rencana yang matang dari rencana pengaturan lalu lintas hingga lapisan perkerasan jalan dan pemeliharaannya.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya membentuk suatu wadah yang dapat dipakai untuk melakukan studi dan kajian khusus tentang permasalahan transportasi. Wadah tersebut terdiri dari Laboratorium Transportasi dan Laboratorium Jalan Raya, akan tetapi dengan diberlakukannya kurikulum baru pada tahun 2007 silam maka kedua laboratorium tersebut dilebur menjadi satu yaitu Laboratorium Transportasi dan Jalan Raya.

Laboratorium Transportasi dan Jalan Raya  Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya didirikan sebagai tempat untuk menunjang kegiatan proses belajar mengajar dan penelitian serta pengembangan aplikasi teknologi rekayasa transportasi dan rekayasa bahan perkerasan jalan. Di samping itu dapat melayani kebutuhan penelitian dan minat masyarakat sekitar dalam upaya menangani permasalahan transportasi dan pengembangan dunia jasa konstruksi jalan raya.

Renstra dan Proker

  1. Renstra Lab Transportasi dan Penginderaan Jauh 2014
  2. Program Kerja Lab Transportasi dan Penginderaan Jauh 2014

Jasa Layanan

Berbagai aktivitas telah dilakukan di Laboratorium Transportasi dan Jalan Raya, baik yang berupa kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada pendidikan dan pengajaran maupun pada kegiatan-kegiatan  terapan yang berupa pengabdian kepada masyarakat.

Penelitian dan Pengajaran

Laboratorium Transportasi dan Jalan Raya dapat menyediakan penelitian dalam bidang rekayasa transportasi dan rekayasa teknologi bahan perkerasan jalan.

Dalam bidang pengajaran, Laboratorium Transportasi dan Jalan Raya mengadakan kegiatan praktikum yaitu Praktikum Teknik Lalu Lintas yang meliputi analisis ruas jalan dan analisis simpang, dan Praktikum Bahan Perkerasan Jalan yang meliputi pengujian karakteristik bahan aspal dan agregat serta analisa campuran dengan metode Marshall.

Pelayanan Konsultasi

Laboratorium Transportasi dan Jalan Raya dengan didukung oleh sejumlah pakar yang ada di Jurusan Teknik Sipil dapat memberikan penyuluhan dan pelatihan tenaga instruktur laboratorium serta tenaga pengawasan lapangan untuk pekerjaan perkerasan jalan kepada semua pihak yang memerlukannya.

Pengabdian Masyarakat

Kegiatan terapan yang berorientasi pada pengabdian kepada masyarakat dilakukan dengan berbagai kegiatan, antara lain:

  1.       Pelaksanaan Survei Transportasi
  2.       Studi Kelayakan Sarana dan Prasarana Transportasi
  3.       Pengkajian Sistem Angkutan Umum dan Angkutan Perkotaan.
  4.       Pekerjaan Manajemen Lalulintas dan Perencanaan Transportasi Perkotaan
  5.       Penyusunan Sistem Informasi Jaringan Jalan
  6.       Pembuatan Rencana Kebijakan Transportasi
  7.       Pelatihan Survei Kondisi Jalan dan Sistem Inventarisasi Infrastruktur.
  8.       Pengujian agregat dan pengujian campuran aspal
  9.       Pengujian lendutan jalan.
  10.       Perencanaan perbaikan perkerasan lentur.

SOP dan penjelasan lebih lanjut dapat dilihat disini

Translate »