galerifoto galerivideo
  • Tim Brawijaya mulai merakit model bangunan tahan gempa

Partnership

logo wika kecil logo polri kecil logo jatim kecil logo nindya karya kecildepartemen-pekerjaan-umum

Persiapkan Hadapi KJI-KBGI 2017, UB Pertahankan Tradisi JUARA UMUM!

image_pdfimage_print

“Universitas Brawijaya (UB) adalah satu-satunya Perguruan Tinggi di Indonesia yang mampu mengawinkan Piala Juara Umum KJI dan Piala Juara Umum KBGI” demikian disampaikan Ir. Sugeng P. Budio, MS dalam sambutan pembukaan Acara Sosialisasi KJI-KBGI 2017 yang berlangsung di Ruang Sidang Jurusan Teknik Sipil FTUB. Acara yang berlangsung pada hari Selasa (5/6) dihadiri oleh sejumlah dosen dan mahasiswa, dimana sosialisasi ini merupakan persiapan awal yang dilakukan untuk menghadapi KJI-KBGI 2017 yang khususnya ditujukan untuk mahasiswa angkatan termuda yaitu 2016.

Pada tahun sebelumnya, pelaksanaan KJI-KBGI 2016 yang diadakan di Politeknik Negeri Sriwijaya (POLSRI) Palembang, UB menjadi JUARA UMUM sebagai Jembatan Terindah dan Waktu Perakitan Tercepat untuk kategori Jembatan Canai Dingin serta sebagai Juara 1 untuk kategori Jembatan Busur. Sedangkan pada tahun ini direncanakan KJI-KBGI 2017 akan bertempat di Politeknik Negeri Malang (POLINEMA).

Dalam sesi pertama yang difasilitasi oleh Roland Martin Simatupang, ST, MT, M.Sc menyampaikan bahwa lokasi kompetisi tahun ini sangat dekat dengan UB, artinya satu tantangan sudah berkurang dibandingkan tahun sebelumnya. Namun perlu diketahui bahwa tim Perguruan Tinggi di Jawa Timur juga mendapatkan keuntungan yang serupa, sehingga Tim Kontingen UB tidak boleh lengah. Dalam paparannya, dosen lulusan Taiwan ini juga menjelaskan dengan detail tentang tips bagaimana agar dapat berprestasi dalam sebuah kompetisi.

Dilanjutkan sesi kedua oleh Dr.Eng Eva Arifi, ST, MT, menyampaikan tentang pengalaman tahun sebelumnya sebagai dosen pembimbing tim kategori Canai Dingin pada KJI 2016 di Palembang. Pada sesi ini, dijelaskan seluk-beluk kompetisi dari mulai persiapan yang dilakukan oleh tim sampai saat kompetisi berlangsung pada hari-H.

Antusias yang sangat tinggi dari para mahasiswa dalam mengikuti acara ini hingga ruangan sampai penuh sesak. Seperti yang diketahui bahwa UB merupakan tim unggulan dalam kompetisi Tingkat Nasional ini. Sejak pertama kali mengikuti kompetisi ini sampai sekarang, UB selalu mendapatkan juara. Empat kali mendapatkan Juara Umum KJI pada tahun 2012, 2013, 2014, dan 2016. Prestasi membanggakan ini tentunya tidak serta merta diraih tanpa usaha yang keras dan kerjasama yang apik dari tim dan crew. [Aif]

Translate »