galerifoto galerivideo
  • Tim Brawijaya mulai merakit model bangunan tahan gempa

Partnership

logo wika kecil logo polri kecil logo jatim kecil logo nindya karya kecildepartemen-pekerjaan-umum

Kunjungan Tamu Nasional Central University (NCU) Taiwan

image_pdfimage_print

Untuk menghadapi persaingan global di tahun 2020 mendatang sesuai dengan Visi Jurusan Sipil FT-UB 2013, tanggal 28 Juni 2013 diadakan pertemuan antara perwakilan NCU dengan dosen Jurusan Teknik Sipil untuk mengenalkan profil maupun research yang ada pada masing-masing pihak.

Acara dilangsungkan di Ruang Sidang Jurusan Teknik Sipil pada pukul 14.00 WIB dengan pembukaan oleh Pembantu Dekan I Ir. Ludfi Djakfar, MSCE, Ph.D  yang juga merupakan dosen pengajar di Jurusan Sipil FT-UB. Selanjutnya Ir. Sugeng P. Budio, MS selaku Ketua Jurusan Sipil FT-UB memberikan sambutan dan ucapan selamat datang kepada para profesor dari NCU.

Pengenalan dan pemaparan payung-agenda dan tema penelitian, serta periode pelaksanaandi Universitas Brawijaya (UB) khususnya Jurusan Teknik Sipil disampaikan oleh Dr. Eng. Indradi W, ST, M. Eng .  Dalam pemaparannya dijelaskan bahwa di Jurusan Sipil FT-UB terdapat enam laboratorium yang masing – masing memiliki topik penelitian. Ke-6 laboratorium itu adalah Struktur dan Bahan Konstruksi, Mekanika Tanah dan Geologi, Transportasi dan Jalan Raya, Studio Perancangan, Komputasi dan Informatika dan Survey-Penginderaan Jauh. Dijelaskan pula secara singkat mengenai fasilitas-fasilitas dari laboratorium-laboratorium tersebut.

Setelah dilakukan pemaparan dari pihak UB, dilanjutkan dengan penjelasan dari pihak NCU oleh  Profesor Hsieh-Lung Hsu selaku Dekan dari Fakultas Teknik Sipil NCU. Dalam penjelasannya, NCU merupakan salah satu universitas ternama di Taiwan. Hal ini ditunjukkan dalam statistik bahwa NCU memiliki kerjasama internasional dengan banyak negara khususnya di Benua Eropa. NCU memiliki beberapa fakultas dan jurusan yang salah satunya adalah jurusan Sipil. Jurusan Sipil di NCU memiliki beberapa macam bidang keilmuan yang dijadikan area penelitian, yaitu Mechanics and Structural Engineering, Geotechnical Engineering, Materials, Transportation Engineering, Water Resources, Geoinformatics, dan Information Technology. Salah satu hal yang paling menonjol dari Jurusan Sipil di NCU adalah tersedianya laboratorium yang luas dengan fasilitas yang lengkap.

Dari pertemuan ini, diharapkan terjalin suatu hubungan yang lebih baik antara Jurusan Sipil NCU dengan Jurusan Sipil FT-UB sehingga bisa tercapai kerjasama di bidang penelitian maupun pengiriman mahasiswa S2-S3 ke NCU dan sebaliknya.

(nt-str)

Translate »