galerifoto galerivideo
  • Tim Brawijaya mulai merakit model bangunan tahan gempa

Partnership

logo wika kecil logo polri kecil logo jatim kecil logo nindya karya kecildepartemen-pekerjaan-umum

Studi Ekskursi 2018 : Civil goes to Bali

1Melihat dunia kerja secara langsung merupakan hal penting bagi para mahasiswa agar mereka dapat mengetahui bagaimana dunia kerja nantinya serta kendala-kendala dan permasalahan di dalamnya. Hal ini lah yang melatarbelakangi diselenggarakannya kegiatan Studi Ekskursi oleh jurusan Teknik Sipil Universitas Brawijaya.

Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 19 – 21 April 2018 di Pulau Bali ini memberikan kesempatan bagi para mahasiswa untuk melihat langsung dunia kerja pada bidang yang mereka pelajari. Sebanyak 108 mahasiswa Jurusan Teknik Sipil dan didampingi 6 dosen pembimbing berkunjung ke 4 proyek besar yang sedang dilaksanakan di Bali.

Hari pertama diawali dengan kunjungan ke proyek pembangunan Trans Studio Mall Bali. Di proyek yang bertempat di Jalan Imam Bonjol kota Denpasar ini para mahasiswa dan dosen disambut oleh Engineering Manager, Taufiq Fitrianto di ruang rapat pimpinan proyek. Taufiq, begitu beliau biasa disapa, memberikan presentasi mengenai seluk beluk proyek, metode-metode pembangunan, hingga kondisi sosial budaya di sekitar proyek.

Destinasi kedua yang lokasinya tak jauh dari proyek pertama adalah proyek pembangunan Underpass Simpang Tugu I Gusti Ngurah Rai. Proyek ini merupakan inovasi pemerintah Bali untuk mengurangi kemacetan di Simpang Tugu I Gusti Ngurah Rai. Di lokasi proyek para mahasiswa dan dosen disambut dan diberi presentasi di depan kantor proyek oleh Project Manager dari PT Adhikarya, Kusno Erianto. Presentasi diakhiri dengan pemberian vandal dari pihak Jurusan Teknik Sipil Universitas Brawijaya ke pihak proyek. Seusainya presentasi para mahasiswa diajak berkeliling lokasi proyek dengan dibagi tiga grup besar yang masing-masing didampingi oleh staff dari PT Adhikarya. Di lapangan, para mahasiswa diajak melihat pekerjaan-pekerjaan yang sedang dilaksanakan di proyek.

Di hari kedua kegiatan dimulai dengan presentasi dari PT Jasamarga Bali Tol mengenai proses pembangunan Jalan Tol Bali Mandara. Presentasi disampaikan langsung oleh General Manager Maintenance, Ahmad Izzi. Tol sepanjang 12,7 kilo meter ini menghubungkan tiga pusat kegiatan di Bali yaitu Benoa, Ngurah Rai Tuban, dan Nusa Dua. Yang unik dari Tol yang selesai dikerjakan pada Mei 2013 lalu ini ini adalah lokasi pembangunannya yang berada di atas laut. Sebelum mengakhiri presentasi pihak PT Jasamarga membagikan kartu uang elektronik (e-money) sebagai hadiah untuk para mahasiswa yang telah bertanya dan menjawab.

2Proyek selanjutnya yang dikunjungi adalah proyek pembangunan Pelabuhan Cruise di Teluk Benoa yang merupakan proyek dari PT Pelabuhan Indonesia III. Di pelabuhan rombongan Teknik Sipil Universitas Brawijaya diterima oleh Andrey Yudha dari PT Pelabuhan Indonesia III Bali. Dilanjutkan dengan presentasi mengenai pembangunan pelabuhan dan prospek wisata di pelabuhan cruise ini kedepannya. Setelah presentasi selesai dilakukan penyerahan kenang-kenangan dari pihak Jurusan Teknik Sipil kepada pihak PT Pelabuhan Indonesia III. Selanjutnya rombongan diajak berkeliling dan berfoto bersama di lokasi pelabuhan.

3Seusainya dari proyek pembangunan Pelabuhan Cruise Teluk Benoa, rombongan langsung bertolak ke Pantai Pandawa untuk melepas penat setelah seharian belajar di proyek-proyek besar di Bali. Di sana rombongan disuguhkan dengan pemandangan laut selatan bali yang sangat indah. Di akhir kunjungan rombongan disuguhkan pula pemandangan sunset atau matahari terbenam yang sangat indah.

Di hari ketiga yang merupakan hari terakhir studi ekskursi, rombongan diajak berbelanja di Joger yang merupakan pusat oleh-oleh yang sudah melegenda di Bali. Di akhir studi ekskursi, rombongan diajak menikmati pemandangan Pura yang dibangun di atas danau di Bedugul.

Translate »