Ditulis pada tanggal 5 Mei 2014, oleh Teknik Sipil FTUB, pada kategori Kegiatan

indocement

Pada hari Rabu (30/4) telah diadakan Roadshow Indocement Awards 2014 di Jurusan Teknik Sipil Universitas Brawijaya. Roadshow kali ini bukan hanya sebagai sarana untuk  menginformasikan Indocement Awards saja, tetapi pada kesempatan kali ini indocement juga mengadakan kuliah tamu dengan tema “Innovation in Concrete Technology”.  Acara berlangsung selama 3 jam, dimulai kurang lebih pukul 09.00 WIB dan dibuka dengan sambutan-sambutan dari Ketua Panitia, Ketua Himpunan, Ketua Program Studi S1, dan perwakilan dari pihak Indocement, dan berakhir sekitar pukul 12.00 WIB. Antusiasme mahasiswa yang cukup tinggi terhadap kuliah tamu yang cukup tinggi terlihat dari penuhnya kursi peserta yang disediakan.

Diawali dengan informasi tentang Indocement Awards yang merupakan suatu kompetisi ditujukan untuk publik dan universitas. Kompetisi ini terdiri dari writing competition, design architecture, dan fabricated house yang ketiganya mempunyai tema yang berbeda-beda. Pada writing competition tema yang diambil adalah “Inovasi Dalam Dunia Konstruksi Untuk Kehidupan Yang Lebih Baik , pada  design architecture tema yang diambil adalah “Desain Fasilitas Publik untuk Kualitas Hidup Lebih Baik”, dan pada fabricated house tema yang diambil adalah “Inovasi Rumah Pabrikasi untuk Indonesia.

Salah satu tujuan diadakan lomba ini adalah untuk mendorong inovasi dan kreativitas dari seluruh pelaku konstruksi dalam mengembangkan teknologi dan berkonstribusi bagi bangsa Indonesia. Dari tujuan ini Indocement berharap kreativitas anak anak bangsa dapat diwujudkan di sini. Pemenang dari perlombaan ini tidak hanya akan mendapatkan hadiah berupa uang, tetapi juga karya-karyanya akan diimplementasikan pada dunia nyata. Informasi selengkapnya mengenai perlombaan tersebut dapat di akses di http://indocementawards.com/

indocement2

Pihak Indocement memberikan beberapa ilmu untuk dibagikan kepada  seluruh peserta kuliah tamu. Pembicara pertama disampaikan oleh Bapak Dody  Khrisna P., ST selaku dari PT Adhimix Precast dengan judul “Aplikasi Beton  Ramah Lingkungan”. Dijelaskan bahwa salah satu faktor dari permasalahan  pemanasan global yang tengah berlangsung disebabkan oleh pembakaran kapur  yang berasal dari pabrik industri semen dan batu bara. Beberapa bahan  pembentuk semen yang dapat mengeksploitasi alam juga turut memberikan andil  dalam pemunculan suatu inovasi yaitu pembentukan beton ramah lingkungan.  Beton ramah lingkungan merupakan beton yang terbuat dari sedikit semen,  sedikit pasir, dan sedikit air tanpa mengurangi workabilitas. Sebagai gantinya, maka digunakanlah mineral admixture, penggunaan fly ash, dan mengganti pasir alam dengan pasir batu atau abu batu. Setelah itu dilanjutkan penyampain materi dari pembicara kedua yaitu Bapak Pono Budi H selaku perwakilan dari PT Komponindo Betonjaya. Presentasi yang disampaikan berjudul “Precast Concrete” yang menerangkan bahwa terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi pemilihan penggunaan precast concrete, diantaranya adalah faktor kualitas, faktor project site, faktor schedule pelaksanaan, faktor biaya pelaksanaan, dan faktor kemudahan pelaksanaan di lapangan. Penggunaan precast concrete dapat dilakukan untuk perkerasan jalan dan pembuatan jembatan.

Selanjutnya pada sesi tanya jawab, pihak Indocement memberikan souvenir untuk 3 penanya pertama sebagai bentuk apresiasi. Acara diakhiri dengan pemberian cindera mata dari pihak Teknik Sipil Universitas Brawijaya kepada pihak Indocement.

Sumber: struktur.ub.ac.id