galerifoto

Partnership

logo wika kecil logo polri kecil logo jatim kecil logo nindya karya kecildepartemen-pekerjaan-umum

Visitasi Akreditasi S2 Teknik Sipil

image_pdfimage_print

Senin, 19 November 2018 Program Studi Magister (S2) Teknik Sipil mendapat visitasi dari Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Kementrian Pendidikan, Riset, dan Teknologi. Tim Asesor BAN-PT kali ini adalah Ir. Tri Tjahjono, MSc PhD dari Universitas Indonesia dan Prof Ir Indratmo Soekarno MSc PhD dari Institut Teknologi Bandung.

sipil1

Kedatangan Tim Asesor disambut oleh Rektor UB Prof. Dr. Nuhfil Hanan, AR., MS, Dekan FT-UB Dr. Ir. Pitojo Tri Juwono, MT beserta jajaran, Ketua Jurusan Teknik Sipil Dr. Eng. Alwafi Pujiraharjo, ST., MT. beserta jajaran, Ketua Gugus Jaminan Mutu (GJM) Dr. Lisa Dwi Wulandari, ST., MT beserta jajaran, dan Ketua Program Studi S2 Teknik Sipil Ari Wibowo, ST., MT., Ph.D.

Selain itu, turut hadir pada kegiatan ini para Ketua Jurusan, Ketua Lembaga Penunjang Akademik, dan Kepala Bagian Administrasi di lingkungan FT-UB.

Dalam sambutannya dekan mengungkapkan bahwa visitasi ini adalah kegiatan rutin yang pada hakikatnya mencakup tiga hal. Pertama adalah sebagai bentuk akuntabilitas kepada publik, kedua sebagai bentuk kontrol penjaminan mutu, dan terakhir adalah sebagai pemberi semangat.

“Kegiatan ini juga selalu memberikan semangat agar institusi kami berada di koridor yang sesuai dengan standart BAN-PT dan terus melaju ke arah yang lebih baik,” tukas Dr Pitojo.

akre-sipil3

Dr Pitojo juga menegaskan, Fakultas Teknik berkomitmen untuk mensuport kebijakan rektor yang selalu konsisten terkait penjaminan mutu, pemeringkatan, dan terus menyiapkan transformasi UB menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH).

Sementara itu, Rektor UB, Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani AR, MS dalam sambutannya mengungkapkan bahwa UB sudah berproses  menuju universitas berstatus PTNBH.

akre-sipil1

“Kami sudah mengundang rektor UI, ITB, IPB, dan UGM untuk pembelajaran. Semoga kami segera bergabung menjadi salah satu universitas PTNBH,” harap Rektor.

Ia juga mengutarakan bahwa dirinya sangat mendorong tiap fakultas untuk segera  bergerak menuju World Class University. Visi internasionalisasi ini mendapat apresiasi dari kedua asesor. Keduanya memberikan input terkait strategi menuju World Class University. Salah satunya adalah memperkuat jurnal internasional.

“Karena Mentri sangat menyoroti Jurnal Internasional, akhir-akhir ini banyak predator jurnal internasional, jangan sampai UB terjebak di dalamnya,” ungkap Prof. Indratmo.

Kegiatan visitasi ini berjalan selama 3 hari, 18-20 November 2018. Proses visitasi dilakukan di Ruang Rapat Pimpinan lantai 3 Gedung FT-UB dan lingkungan Jurusan Teknik Sipil FTUB.

akre-sipil

 

Sumber : teknik.ub.ac.id