galerifoto
  • Program Alih Tahun Program Studi Teknik Sipil Jenjang S2

Partnership

logo wika kecil logo polri kecil logo jatim kecil logo nindya karya kecildepartemen-pekerjaan-umum

Pedoman Pendidikan

image_pdfimage_print

Mahasiswa dan Pendaftaran Mahasiswa

Mahasiswa Program Magister di Program Magister dan Doktor Fakultas Teknik Universitas Brawijaya adalah mereka yang terdaftar menjadi mahasiswa pada Program Magister dan Doktor Fakultas Teknik Universitas Brawijaya pada semester yang sedang berjalan; dan bagi yang tidak mendaftar ulang dinyatakan telah mengundurkan diri sebagai mahasiswa. Mahasiswa lama diwajibkan mendaftar ulang setiap semester sesuai dengan jadual yang telah ditetapkan. Pendaftaran mahasiswa dilakukan di Bagian Pengajaran PMD FTUB atau ruang yang telah ditentukan.

Mahasiswa yang melaksanakan pendaftaran, diharapkan datang sendiri, untuk:

  1. Mengisi formulir pendaftaran dan mengisi Kartu Rencana Studi (KRS)
  2. Menunjukkan bukti pembayaran SPP.
  3. Menyerahkan pas foto ukuran 4 x 6 sebanyak 4 lembar.
  4. Memenuhi persyaratan lain yang ditetapkan oleh Program Magister dan Doktor Universitas Brawijaya.

Bagi mahasiswa lama harus menyertakan kopi Kartu Hasil Studi (KHS).

Tenaga Akademik

Tenaga akademik meliputi dosen pengampu mata kuliah, dosen pembimbing, dan dosen penguji. Dosen pengampu mata kuliah adalah tenaga dosen dengan jabatan akademik Guru Besar, sekurang-kurangnya Lektor dan bergelar Doktor (lulusan S-3). Tenaga akademik di luar ketentuan ini ditetapkan oleh Dekan Fakultas Teknik, dengan mempertimbangkan kondisi obyektif yang dihadapi oleh masing-masing program studi; kebijakan ini dapat dilakukan apabila memang benar-benar diperlukan untuk menjaga kualitas proses pembelajaran.

Penyelenggaraan Sistem Kredit Semester

Penyelenggaraan pendidikan dilaksanakan dengan sistem kredit semester dalam bentuk kuliah dan/atau praktikum dan/atau kerja lapangan.

Perkuliahan: nilai satu satuan kredit semester (sks) terdiri dari kegiatan-kegiatan tatap muka 60 menit, kegiatan terstruktur 60 menit dan kegiatan mandiri 60 menit untuk setiap minggunya.

Praktikum: nilai satuan dalam satu sks untuk praktikum di laboratorium adalah beban tugas sebanyak dua jam praktikum di laboratorium diiringi oleh sekitar 1-2 jam kegiatan terstruktur dan sekitar 1-2 jam kegiatan mandiri setiap minggu selama satu semester kerja (setara 18 minggu)

Kerja lapangan: nilai satu sks untuk kerja lapangan adalah beban tugas di lapangan sebanyak 4 jam kerja lapangan diiringi oleh sekitar 1-2 jam kegiatan terstruktur dan sekitar 1-2 jam kegiatan mandiri setiap minggu selama satu semester (setara 18 minggu).

Ketentuan Beban Studi

Jumlah sks yang harus dikumpulkan oleh mahasiswa untuk menyelesaikan Program Magister adalah:

Bagi peserta yang berpendidikan sarjana (S1) beban studinya setara dengan 36-50 sks, terdiri dari kuliah dan praktikum sejumlah 28-42 sks dan tesis 10 – 12 sks.

Beban studi mahasiswa adalah kegiatan wajib mahasiswa yang terdiri dari perkuliahan, praktikum, tugas-tugas terstruktur, seminar dan tesis yang dibatasi dengan jumlah sks tertentu per semester. Mata kuliah (MK) terdiri dari mata kuliah wajib program studi, MK wajib minat dan MK pilihan. Mata kuliah pilihan yang diambil mahasiswa dari program studi tertentu dapat diambil dari mata kuliah yang diselenggarakan oleh program studi lain atas persetujuan Ketua Komisi pembimbing.

Masa Studi

Masa studi bagi peserta yang berpendidikan sarjana dijadwalkan 4 (empat) semester dan dapat ditempuh kurang dari empat semester dengan lama studi selama-lamanya 8 (delapan) semester.

Jumlah sks setiap Semester

  1. Jumlah sks yang diambil pada semester pertama didasarkan atas IPK program PAT, yaitu:
    IPK-PAT > 3,5 : 18 sks
    IPK-PAT ≥ 3,0 – 3,5 : 15 sks
    IPK-PAT 2,75 – < 3,0 : 12 sks
    IPK-PAT < 2.75 : 9 sks
  2. Jumlah sks yang boleh diambil mahasiswa pada semester ke dua dan seterusnya didasarkan pada IPK yang diperoleh pada semester sebelumnya, dengan ketentuan:
    IPK > 3,5 : 18 sks
    IPK ≥ 3,0 – 3,5 : 15 sks
    IPK ≥ 2,75- < 3,0 : 12 sks
    IPK < 2,75 : 9 sks