MP Pengoperasian Alat

image_pdfimage_print

MP ini disusun untuk dilaksanakan oleh pengelola dan pengguna Laboratorium Transportasi dan Penginderaan Jauh. Prosedur disusun dengan mempertimbangkan fungsi dan sensitifitas alat agar peralatan yang sensitif tidak salah dalam pengoperasian. MP ini berisi hal-hal sebagai berikut :

1. Manual Prosedur peminjaman alat

Bagi pihak-pihak yang akan meminjam peralatan Laboratorium Transportasi dan Penginderaan Jauh harus mengajukan surat permohonan kepada Ketua Laboratorium. Surat tersebut berisi tentang identitas peminjam, alat yang dipinjam, waktu peminjaman selama berapa hari/ minggu, dan jenis pengujian yang akan dilakukan dengan alat tersebut. Prosedur ini dibuat dengan tujuan untuk tertib administrasi laboratorium, sehingga dapat diketahui jumlah peminjam alat laboratorium dan frekuensi pemakaian alat.

 

2. Manual Prosedur pengoperasian alat

Untuk pengoperasian alat-alat harus didampingi oleh instruktur dan pengoperasian dapat dilakukan oleh peminjam. Sedangkan untuk alat-alat yang sensitif, peminjam tidak diperkenankan mengoperasikan sendiri alat tersebut. Pengoperasian alat yang sensitif harus dilakukan oleh instruktur yang memang sudah dilatih untuk mengoperasikan alat tersebut secara benar.

 

3. Prosedur pengembalian alat

Alat yang sudah selesai dipinjam harus dikembalikan pada tempatnya dan dalam kondisi seperti sebelum dipinjam. Bila ada kerusakan alat yang disebabkan oleh kesalahan peminjam, maka peminjam wajib melakukan perbaikan atau mengganti alat yang rusak tersebut, dan kerusakan harus dilaporkan kepada pengelola Laboratorium Transportasi dan Penginderaan Jauh.