Profil

image_pdfimage_print

b

Permasalahan transportasi yang timbul terutama transportasi darat dipengaruhi oleh peningkatan laju pertumbuhan penduduk dan juga peningkatan kebutuhan hidup masyarakat. Kondisi ini menuntut adanya penyediaan sarana dan prasarana transportasi jalan raya, dimana merupakan salah satu faktor utama yang tidak dapat ditinggalkan. Permasalahan manajemen pengaturan transportasi serta kerusakan dari konstruksi jalan raya memerlukan rencana yang matang dari rencana pengaturan lalu lintas hingga lapisan perkerasan jalan dan pemeliharaannya.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya membentuk suatu wadah yang dapat dipakai untuk melakukan studi dan kajian khusus tentang permasalahan transportasi. Wadah tersebut terdiri dari Laboratorium Transportasi dan Laboratorium Jalan Raya, akan tetapi dengan diberlakukannya kurikulum baru pada tahun 2007 silam maka kedua laboratorium tersebut dilebur menjadi satu yaitu Laboratorium Transportasi dan Jalan Raya. Pada tahun 2014 Laboratorium Survey dan Penginderaan Jauh digabung dengan laboratorium transportasi dan jalan raya dengan nama Laboratorium Transportasi dan Penginderaan Jauh.

Laboratorium Transportasi dan Penginderaan Jauh  Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya didirikan sebagai tempat untuk menunjang kegiatan proses belajar mengajar dan penelitian serta pengembangan aplikasi teknologi rekayasa transportasi dan rekayasa bahan perkerasan jalan. Di samping itu dapat melayani kebutuhan penelitian dan minat masyarakat sekitar dalam upaya menangani permasalahan transportasi dan pengembangan dunia jasa konstruksi jalan raya.