Praktikum/Perkuliahan

image_pdfimage_print

lkjkj

Perkuliahan / praktikum di Laboratorium Manajemen Konstruksi dilakukan dengan:

  • Perkuliahan / Praktikum dilakukan dengan sistem semi studio, yang mana separuh alokasi waktu akan dipakai sebagai kelas studio. Sedangkan separuh alokasi waktu mahasiswa mengerjakan di luar studio
  •  Selama mahasiswa mengerjakan tugas perancangan akan selalu didampingi oleh Dosen Pembimbing.
  • Pada sesi studio, mahasiswa akan melakukan proses perancangan dengan berbagai kasus bangunan Teknik Sipil seperti bangunan gedung, jembatan, dan lain-lain secara berkelompok (masing-masing kelompok terdiri maksimum 3 orang).
  • Mahasiswa diharapkan mengerjakan analisis strukturnya baik secara individu ataupun berkelompok (diskusi) dan pembuatan gambarnya dikerjakan dengan aplikasi komputer yang telah disediakan pada komputer yang ada di Laboratorium Studio Perancangan.

Suasana kelas di Laboratorium Studio Perancangan dibuat sedemikian rupa seperti pada saat mereka bekerja di kantor. Setiap dosen mengawasi lima kelompok mahasiswa (tiap kelompok maksimum 3 mahasiswa).

Fasilitas yang ada di laboratorium Studio Perancangan berupa komputer , LCD Projector dan berbagai aplikasi software yang akan mempermudah dosen dan mahasiswa dalam kegiatan perancangan bangunan sipil.

Aplikasi software yang digunakan antara lain:

  1.       STAADPro
  2.       SAP
  3.       AutoCAD
  4.       MS Project
  5.       dll.