Profil

Pada tahap awal Laboratorium  Mekanika Tanah dan Geologi bertujuan menyediakan sarana minimal perangkat keras untuk kegiatan pendidikan dan pengajaran dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan ini telah dilakukan sejak tahun 1976 sampai saat ini.

Laboratorium Mekanika Tanah dan Geologi adalah salah satu  laboratorium tertua yang dimiliki oleh Jurusan Teknik Sipil FTUB. Seperti beberapa laboratorium lainnya Laboratorium Mekanika Tanah dan Geologi mengalami perkembangan pesat saat pelaksanaan Proyek Brantas, beberapa pekerjaan pengujian dan penelitian tanah yang terkait dengan pelaksanaan proyek dipercayakan kepada Laboratorium Mekanika Tanah dan Geologi FT UB.

Dalam perkembangan selanjutnya Laboratorium Mekanika Tanah dan Geologi tidak saja menyediakan sarana dan prasarana untuk tujuan kegiatan pendidikan dan pengajaran saja tetapi juga dalam pengembangan ilmu lewat penelitian dalam bidang geoteknik dan geologi, serta melayani masyarakat yang berhubungan dengan disiplin ilmu tersebut.

Saat ini setiap semester terjadwal praktikum Mekanika Tanah dan Geologi untuk mahasiswa Teknik Sipil pada semester genap dan praktikum Mekanika Tanah II pada semester ganjil untuk mahasiswa Teknik Sipil. Selain itu juga melayani Praktikum Mekanika Tanah untuk mahasiswa Pengairan dan mahasiswa Perikanan dan Kelautan.

Pada Tahun 2011 Laboratorium Mekanika Tanah dan Geologi melayani 112 orang mahasiswa Teknik Sipil tiap semester dan sekitar 70 orang mahasiswa Teknik Pengairan serta 40 orang mahasiswa Perikanan dan Kelautan. Penggunaan alat laboratorium untuk keperluan penelitian dosen dan mahasiswa S1 dan S3 juga dijadwalkan agar bisa terlaksana dengan sebaik-baiknya.