Ditulis pada tanggal 8 Mei 2014, oleh Teknik Sipil FTUB, pada kategori Berita

20140507_130506

Pada hari Rabu (7/5) Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya menerima kunjungan mahasiswa dari Universitas Katolik Widya Mandira (UNWIRA), Kupang, Nusa Tenggara Timur. Bertempat di Ruang Sidang Jurusan sejumlah mahasiswa dari UNWIRA bersama dengan dosen pendamping yaitu Sr. Dr. Ir. Susilawati Cicilia Laurentia PI, MScHE disambut oleh Ketua Program Studi S1, dosen, dan perwakilan dari Himpunan Mahasiswa Sipil.

Kurang lebih pukul 09.15 WIB, pertemuan ini dibuka dengan sambutan dari perwakilan himpunan mahasiswa dari kedua belah pihak yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari dosen pendamping UNWIRA dan Kaprodi S1 Jurusan Teknik Sipil UB. Perwakilan mahasiswa baik dari UB maupun UNWIRA berharap dengan adanya kunjungan ini kedua belah pihak akan mendapatkan pengetahuan baru dan juga menjalin kerjasama untuk kedepannya. Selain itu, teman-teman mahasiswa dari UNWIRA diharapkan bisa membagi wawasan dan pengalaman mereka selama berkunjung di Jurusan Teknik Sipil UB kepada teman-teman lain di Kupang. Selanjutnya, Sr. Dr. Ir. Susilawati Cicilia Laurentia PI, MScHE sebagai satu-satunya dosen pendamping menyampaikan sambutannya. Bagi Beliau ini adalah kunjungan kedua setelah tahun 2011 lalu ke Universitas Brawijaya. Sr. Susi, begitu Beliau biasa dipanggil, menyampaikan bahwa perjalanan dari Kupang ke Malang adalah suatu pengalaman yang sangat berharga. Mahasiswa UNWIRA bisa mempelajari berbagai jenis bangunan, waduk, jalan raya dan jembatan yang ada di pulau Jawa, khususnya di sekitar kota Malang. Dalam kesempatan itu Beliau juga menyampaikan beberapa informasi seputar Universitas Katolik Widya Mandira. Ketua Program Studi S1, Dr. Eng. Indradi Wijatmiko, ST., M.Eng.(Prac.), mewakili Ketua Jurusan Teknik Sipil juga menyampaikan sambutan dan informasi seputar Program Studi S1 Jurusan Teknik Sipil.

DSC_0172Pada kesempatan ini, perwakilan Himpunan Mahasiswa Sipil mengajak mahasiswa dari UNWIRA untuk mengunjungi laboratorium yang ada di Jurusan.  Ketika mengunjungi Laboratorium Struktur, laboratorium Mekanika Tanah & Geologi, dan Laboratorium Transportasi & Penginderaan Jauh, mahasiswa UNWIRA yang telah menempuh perjalanan jauh untuk bisa sampai ke Malang menjadi sangat antusias dan bersemangat. Mahasiswa dari Jurusan Teknik Sipil UB dibantu oleh laboran juga tidak ragu untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan mereka. Kunjungan dilanjutkan dengan pertemuan di Klub Amera Jurusan Teknik Sipil dimana mahasiswa dari UB dan UNWIRA berbagi cerita dan pengetahuan, terutama tentang diperolehnya Juara Umum KJI dan KBGI oleh Universitas Brawijaya pada tahun 2013 lalu. Mahasiswa dari UNWIRA menyampaikan keinginan mereka untuk ikut serta dalam KJI dan KBGI yang akan dilaksanakan tahun 2014 ini di Kota Malang.

Di ahir pertemuan, Suster Susi menyampaikan kesan tentang Jurusan Teknik Sipil, “Saya senang melihat aktifitas mahasiswa yang ada di Jurusan Teknik Sipil UB. Mereka ada di kampus tidak untuk sekedar mengobrol atau merokok, tetapi untuk belajar. Mereka sangat peduli dengan kegiatan akademis yang ada”. (gwp)