Ditulis pada tanggal 21 Agustus 2017, oleh indradi wijatmiko, pada kategori Berita

Pada tanggal 25-29 Juli 2017 Kementerian Pendustrian di bawah Direktorat Jendral Industri Kecil dan Menengah, menggandeng Jurusan Teknik Sipil Universitas Brawijaya dalam acara Workshop Pelatihan Pembuatan Batako di Situbondo.

Acara ini bertujuan untuk mengoptimalkan potensi lokal tiap daerah untuk pengembangan industri dan wirausaha baru kecil dan menengah, pasalnya di Situbondo memiliki bahan lokal yang potensial dalam pembuatan batako.

Pemateri Batako

Tak kurang dari 20 peserta yang mengikuti workshop, mulai dari mereka sudah menjalankan usaha batako, baru mengembangkan usaha batako, ataupun yang masih baru akan memulai usaha batako.

Materi dalam workshop ini antara lain “Komposisi Material dalam Pembuatan Batako” oleh Dr.Eng. Ming Narto Wijaya, ST, MT, M.Sc; “Pengujian Batako menurut Standar Nasional Indonesia” oleh Dr.Eng. Indradi Wijatmiko, ST, M.Eng(prac); “Limbah Pembakaran Batu Bara sebagai Pengganti Semen untuk Pembuatan Batako” oleh Ir. Sugeng P. Budio, MS, IPM; “Inovasi Bentuk Batako di Masa Mendatang” oleh Roland Martin Simatupang, ST, MT, M.Sc; “Produksi Batako sebagai Peluang Wirausaha” oleh Eko Andi Suryo, ST, MT, PhD.

batako

Acara yang berlangsung lima hari ini terdiri dari sesi materi di kelas, kemudian dilanjutkan dengan kunjungan lapangan ke tempat industri batako yang telah disiapkan oleh panitia. Setelah mengikuti workshop ini diharapkan peserta dalam menjalankan wirausaha batako, mereka memiliki ilmu dan pengetahuan yang benar tentang cara pembuatan batako. [Aif]