Bahasa / Language :

logo wika kecil logo polri kecil logo jatim kecil logo nindya karya kecildepartemen-pekerjaan-umum

Audit Internal dan Eksternal Mutu

image_pdfimage_print

Sistem penjaminan mutu belum dikatakan berjalan dengan baik jika belum melakukan audit. SPMI UB melakukan audit sistem dan audit kepatuhan. Pada tahun 2007 sampai tahun 2009 sistem audit di UB disebut Audit Internal Mutu Akademik (AIMA). Tahun 2010 sampai dengan sekarang disebut Audit Internal Mutu (AIM). Audit yang dilakukan berdasarkan Manual Prosedur Audit Internal Mutu yang dibuat oleh PJM UB. Tahun 2011 AIM Batch 8 dan UKPA Batch 9.

Pelaksanaan Penjaminan Mutu Program studi

Penjelasan sebelumnya memberikan gambaran bahwa pelaksanaan penjaminan mutu program doktor di UB merupakan satu kesatuan dengan implementasi di seluruh UB. Implementasi penjaminan mutu di Universitas Brawijaya ditunjukkan dengan telah dilakukannya AIMA Batch 1 dan 2 dari tahun 2007 sampai dengan tahun 2009, dan AIM Batch 1 dan 2 pada tahun 2010. Dengan demikian UB telah melakukan audit sebanyak 9 siklus penjaminan mutu internal terhadap Fakultas dan Jurusan atau Program Studi Pascasarjana. Lingkup audit disesuaikan dengan kelemahan umum yang ada di fakultas maupun Jurusan/Program Studi Pascasarjana. Misalnya, pada AIM Batch 2 dilakukan audit dengan lingkup standar 1, 2 dan 5 dari standar mutu BAN-PT. Dampak dari implementasi SPMI adalah diperolehnya sertifikasi ISO 9001:2008 di unit PJM, Perpustakaan, Hubungan Masyarakat dan Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan pada tahun 2010. Pada tahun 2011 diperoleh sertifikasi ISO 9001:2008 yang dilakukan di Universitas (melingkupi seluruh unit kerja di UB) dan percepatan akreditasi program magister. Sistem Penjaminan Mutu UB dapat diunduh di http://pjm.ub.ac.id dan di web Program Doktor Teknik Sipil.

Pelaksanaan Penjaminan Mutu di program doktor dilakukan dengan mengacu kepada dokumen-dokumen penjaminan mutu, sehingga penjaminan mutu berjalan sesuai standar penjaminan mutu. Dalam hal ini UJM di Program Studi Doktor Teknik Sipil Universitas Brawijaya menyiapkan dokumen-dokumen mutu akademik tersebut.