Bahasa / Language :

logo wika kecil logo polri kecil logo jatim kecil logo nindya karya kecildepartemen-pekerjaan-umum

Informasi Pendaftaran

image_pdfimage_print

Informasi Pendaftaran Calon Mahasiswa

Persyaratan penerimaan mahasiswa, yaitu:

  1. Calon mahasiswa memiliki ijazah Magister Teknik yang sebidang dengan program studi yang dipilih di Program Doktor Fakultas Teknik Universitas Brawijaya, memiliki indeks prestasi kumulatif >= 3,50 (pada skala 0-4); atau memiliki IPK = 3.00 – < 3,50 dengan disertai paling sedikit empat karya ilmiah (jurnal, buku, proseding atau yang sejenis).
  2. Semua calon mahasiswa yang memenuhi persyaratan akademik dan administratif diwajibkan mengikuti PAT. Selanjutnya nilai IPK dari PAT ini digunakan untuk menentukan beban studi pada semester pertama dengan mempertimbangkan latar belakang kesarjanaannya. Latar belakang pendidikan Magister yang dianggap sebidang untuk masing-masing Program Doktor dicantumkan pada syarat pendidikan Program Doktor.
  3. Memiliki Sertifikat TPA OTO BAPPENAS minimal 400 dan Sertifikat Bahasa Inggris dengan nilai minimal 500/IB TOEFL minimal 60/IELTS minimal 5,5.
  4. Calon mahasiswa Program Doktor diwajibkan membuat rencana draf penelitian disertasi yang akan diambil saat menempuh Program Doktor.

Sistem pengambilan keputusan penerimaan mahasiswa baru melibatkan peer group yang terdiri dari ketua Program Studi S3 ,Dekan / Ketua-ketua Jurusan/, dan Dosen yang direkomendasikan oleh Ketua Program Studi S3 Teknik Sipil UB.

Prosedur penerimaaan mahasiswa baru dilakukan dimana calon mahasiswa mengajukan lamaran tertulis dengan mengisi formulir yang disediakan dan ditujukan kepada Dekan Fakultas Teknik dengan melampiri ijazah, transkrip nilai, rekomendasi dari 2 orang, keterangan sumber dana, sertifikat TPA OTO BAPENAS , TOEFL dan keterangan umum lainnya. Untuk mengetahui tingkat intelektualitas dan motivasi belajar yang bersangkutan, selanjutnya dilakukan review terhadap Draft Penelitian Disertasi yang telah dibuat sebagai bentuk tes tertulis. Seleksi ini dilakukan oleh Peer Review untuk menentukan apakah calon mahasiswa tersebut diterima atau ditolak menjadi mahasiswa program doktor. Apabila diperlukan dapat dilakukan proses interview untuk melakukan konfirmasi terhadap dokumen yang telah diberikan.

Informasi Daftar Ulang Mahasiswa

Mahasiswa Program Doktor di Program Doktor Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya adalah mereka yang terdaftar menjadi mahasiswa pada Program Doktor Fakultas Teknik Universitas Brawijaya pada semester yang sedang berjalan; dan bagi yang tidak mendaftar ulang dinyatakan telah mengundurkan diri sebagai mahasiswa. Mahasiswa lama diwajibkan mendaftar ulang setiap semester sesuai dengan jadual yang telah ditetapkan. Pendaftaran mahasiswa dilakukan di Bagian Pengajaran PMD FTUB atau ruang yang telah ditentukan.

Mahasiswa yang melaksanakan pendaftaran, diharapkan datang sendiri, untuk:

  1. Mengisi formulir pendaftaran dan mengisi Kartu Rencana Studi (KRS)
  2. Menunjukkan bukti pembayaran SPP.
  3. Menyerahkan pas foto ukuran 4 x 6 sebanyak 4 lembar.
  4. Memenuhi persyaratan lain yang ditetapkan oleh Program Doktor Jurusan Teknik Sipil FT Universitas Brawijaya.

Bagi mahasiswa lama harus menyertakan kopi Kartu Hasil Studi (KHS).