Bahasa / Language :

logo wika kecil logo polri kecil logo jatim kecil logo nindya karya kecildepartemen-pekerjaan-umum

Disertasi Nina Bariroh Rustiati : Pemodelan Gerusan dan Sedimentasi pada Saluran Berbahan Dasar Non-Kohesif dengan Aliran Tenggelam

image_pdfimage_print

Program Studi Doktor Teknik Sipil FTUB telah memiliki Doktor baru yakni Dr. Nina Bariroh Rustiati, ST., MT dalan Ujian Terbuka Disertasi yang berlangsung pada hari Senin, 13 November 2017 dengan judul “Pemodelan Gerusan dan Sedimentasi pada Saluran Berbahan Dasar Pasir Lempung dengan Aliran Tenggelam”.

Komisi Pembimbing Disertasi kali ini di Promotori oleh Prof. Dr. Ir. Suhardjono, M.Pd., Dipl.HE dan Dr. Ir. Rispiningtatim M.Sc & Dr. Very Dermawan, ST., MT selaku Ko-Promotor I & II. Yang bertindak sebagai Penguji yaitu Dr. Ir. Pitojo Tri Juwono dan Prof. Dr. Ir. H. Nadjadji Anwar, M.Sc.

Dalam Disertasi ini dijelaskan bahwa pengoperasion pintu air merupakan proses penting, Pergerakan naik turun pintu mempengaruhi kecepatan aliran. Akibat kecepatan yang fluktuatif menyebabkan gerusan saluran. Akibar gerusan akan terjadi kerusakan permanen pada struktur bagian bawah dan dapat mengkibatkan runtuhnya struktur pintu. Besarnya kedalaman gerusan, panjang gerusan dan tinggi sedimentasi akibat variasi debit, tinggi bukaan pintu dan jenis material sedimen dasar saluran menjadi informasi penting dan dibutuhkan dalam kajian ilmu hidurolika.

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh variasi debit dan tinggi bukaan pintu serta jenis material dasar saluran terhadap perubahan kedalaman gerusan, panjang gerusan dan tinggi sedimentasi. Penelitian ini dilakukan pada satu model saluran terbuka dengan pintu sorong yang dapat dinaikturunkan. Dan Dr. Nina menghasilkan bahwa kedalaman gerusan, panjang gerusan dan tinggi sedimentasi dapat dianalisis dalam kaitannya dengan fungsi debit, tinggi bukaan pintu, tinggi muka air hulu dan hilir serta jenis material yang digunakan.

Dikukuhkannya Dr. Nina Bariroh, ST., MT minat Sumber Daya Air sebagai Doktor baru dengan IPK 3.84 dan memperoleh predikat Sangat Memuaskan.