Bahasa / Language :

logo wika kecil logo polri kecil logo jatim kecil logo nindya karya kecildepartemen-pekerjaan-umum

Disertasi Lucia Ingrid Regina Lefrand : Pemodelan Pergerakan Pejalan Kaki di Kota Manado

image_pdfimage_print

Pada Hari Jum’at, 04 Agustus 2017 bertempat di Ruang Sidang Jurusan Teknik Sipil FTUB, Program Studi Doktor Teknik Sipil telah berhasil memiliki Doktor baru yakni Dr. Lucia Ingrid Regina Lefrand, ST., MT dalam Ujian Terbuka yang berjudul “Pemodelan Pergerakan Pejalan Kaki di Kota Manado”. Komisi Pembimbing yang bertindak dalam Disertasi ini yakni Prof. Ir. Harnen Sulistio, M.Sc., Ph.D selaku Promotor dan Ir. Achmad Wicaksono, M.Eng., Ph.D & Ir. Ludfi Djakfar, MSCE., Ph.D selakau Ko-Promotor I & II. Yang bertindak sebagai Penguji adalah Prof. Dr. Marjono, M.Phill dan Dr. Bambang Widjanarko Otok, M.SI selaku Penguji Tamu.

Dr. Lucia memaprkan bahwa secara kasat mata pada beberapa titik dan jalur pedestrian di Kota Manado ternyata tidak berfungsu secara maksimal karena penggunaan material trotoar yang tidak rata konstruksinya sehingga menyebabkan pejalan kaki harus turun kebadan jalan untuk melanjutkan perjalanan, penempatan papan reklame yang tidak pada tempatnya, tidak adanya pohon sebagai peneduh, beralih fungsinya pedestrian menjadi tempatĀ  berjualan PKL, tempat pangkalan gojek, dan trotoar menjadi tempat parkir bagi kendaraan bermotor.

Tujung dari penelitian ini untuk mengetahui karakteristik pejalan kaki di Kota Manado, mengetahui karakteristik pelayanan fasilitas pejalan kaki di Kota Mando, menentukan modal pergerakan pejalan kaki di Kota Manado dan menetapkan standar pelayanan minimal untuk pejalan kaki di Kota Manado. Dalam penelitiannya Dr. Lucia menggunakan metode analisis statistik deskriptif, Structural Equation Modelling (SEM) dan Importance Performance Analysis (IPA) . Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) karakteristik responden pejalan kaki mayoritas adalah usia produktif dalam melakukan perjalanan yakni 25 tahun; (2) Menurut aspek pengelolaan untuk pejalan kaki memiliki 4 atribut yang termasuk tingkat prioritas tinggi (kuadran I) dan (3) Menurut aspek Teknis Transportasi dan Fasilitas untuk pejalan kaki memiliki 5 atribut.