Bahasa / Language :

logo wika kecil logo polri kecil logo jatim kecil logo nindya karya kecildepartemen-pekerjaan-umum

Disertasi Laksni Sedyowati : Model Waktu Aliran Berdasarkan Model Faktor Retardasi Aliran pada Permukaan Paving Blok

image_pdfimage_print

Pada Hari Rabu, 05 Juli 2017 bertempat di Ruang Sidang Jurusan Teknik Sipil FTUB, Program Studi Doktor Tekni Sipil memiliki Doktor baru yakni Dr. Laksni Sedyowati dalam Ujian Terbuka Disertasi yang berjudul “Model Waktu Aliran Berdasarkan Model Faktor Retardasi Aliran pada Permukaan Paving Blok”.

Dalam Komisi Pembimbing Disertasi yang bertindak sebagai Promotor yaitu Prof. Dr. Ir. Suhardjono, M.Pd., Dipl.HE; Ko-Promotor I yaitu Dr. Ery Suhartanto, ST., MT dan Ko-Promotor II yaitu Ir. Mohammad Solichin, MT., Ph.D dan yang bertindak sebagai Penguji kali ini adalah Prof. Dr. Ir. Lily Montarcih L., M.Sc dan Prof. Ir. Iwan Kridasantausa, M.Sc., Ph.D

Dalam memaparkan disertasianya, Dr. Laksni lebih memfokuskan pada upaya meminimalkan debit limpasan permukaan pada periode hujan, khusunya dengan menggunakan konsep kendali sumber (source control). Konsep ini mengendalikan debit limpasan di tempat sumber limpasan tersebut berasal. Paving blok adalah salah satu teknologi perkerasan yang menerapkan konsep kendali sumber. Penggunaan paving blok yang semakin meningkat, baik jumlah maupun ragam penggunaannya, akan berkonstribusi terhadap perubahan karakteristik kekasaran permukaan suatu kawasan. Kekerasan permukaan berpengaruh signifikan terhadap penghambatan laju aliran, penundaan waktu aliran limpasan dan pada akhirnya dapat menurunkan puncak banjir.

Penelitian ini menyelidiki tentang factor retardasi (hambatan) aliran dan waktu aliran pada empat jenis lapisan paving blok demham variasi kemiringan permukaan dan intensitas hujan dan kesimpulan yang diperoleh bahwa Dr. Laksni menemukan dua Model Empiris Sedyowati yaitu : (1) model factor retardasi aliran mengikuti fungsi linier dan (2) model waktu aliran mengikuti fungsi pangkat.

Dikukuhkannya Dr. Laksni Sedyowati sebagai Doktor baru Jurusan Teknik Sipil dengan minat Sumber Daya Air dengan lama studi 3 Tahun dan memperoleh predikat Cumlaude (IP 4.00).