Bahasa / Language :

logo wika kecil logo polri kecil logo jatim kecil logo nindya karya kecildepartemen-pekerjaan-umum

Disertasi Joseph Rengkung : Tipo-Morfologi Arsitektur Rumah Tinggal Masyarakat Etnik Minahasa di Desa Talawaan Minahasa Utara

image_pdfimage_print

Program Doktor Jurusan Teknik Sipil FTUB kembali memilik Doktor baru yaitu Dr. Ir. Joseph Rengkung, MT dengan minat Arsitektur. Ujian Terbuka Disertasi dilaksanakan pada hari Rabu, 31 Januari 2018 bertempat di Ruang Sidang Jurusan Teknik Sipil dengan judul “Tipo-Morfologi Arsitektur Rumah Tinggal Masyarakat Etnik Minahasa di Desa Talawaan Minahasa Utara”. Komisi Pembimbng Disertasi dipimpin oleh Prof. Ir. Antariksa, M.Eng.,Ph.D, Dr. Ir. Surjono, MTP, Agung Murti Nugroho, ST.,MT.,Ph.D dan¬†Prof. Dr. Ir. Jefrey I. Kindangen, DEA. Yang bertindak sebagai Penguji adalah Dr. Lisa Dwi Wulandari, ST.,MT, Dr.Eng. Herry Santosa, ST.,MT dan Dr. Judy O. Waani, ST.,MT.

Dr. Joseph memaparkan bahwa masyarakat etnik Minahasa di Desa Talawaan dahulu dalam membangun rumah tinggal mereka mulai dari persiapan, pengambilan matertial sampai pelaksanaan menggunakan metode sendiri dengan persyaratan tidak tertulis yang harus diikuti. Motede inilah kemudia disebut sebagai pengetahuan lokal, merupakan kearifan lokal bidang arsitektur terdapat di desa tersebut yang perlu dilekstarikan serta diketahui banyak orang. Upaya mengethui terhadap fenomena ini mendorong keingintahuan peneliti, sehingga melakukan penelitian terhadap Tipo-Morfologi arsitektur rumah tinggal masyarakat etnik Minahsa di Desa Talawaan Minahasa Utara. Tujuan dari penelirian ini yaitu mengkaji topi-morfologi  terdiri dari tipologi dan morfologi, dalam proses analisis melalui identifikasi sertas mengklasifikasi objek yang sama maupun berbeda tipe terhadap unit analsis dalam penelitian ini.

Hasil kajian yang diperoleh Doktor baru ini ditemukannya konsep-konsep antara lain : konsep struktur sumeleng pada tipologi kosong, konsep struktur pada kalawit pada tipologi tingkat dan konsep struktur tumongkor pada tipologi atap. Hasil analisis tipologi menjadi parameter untuk analisis morfologi dan hasil ditemukan masing-masing periode baik untuk tipolgi kolong maupun tipologi tingkat terjadi perubahan.

 

Keywords : Tipo-Morfologi Rumah Tinggal Masyarakat Etnik Minahasa