Bahasa / Language :

logo wika kecil logo polri kecil logo jatim kecil logo nindya karya kecildepartemen-pekerjaan-umum

Disertasi Dian Noorvy Khaerudin : Model Waktu Konsentrasi pada Lahan Drainase Perkotaan

image_pdfimage_print

Pada Hari Senin, 22 Agustus 2016 bertempat di Ruang Sidang Jurusan Teknik Sipil FTUB memiliki Doktor baru yakni Dr. Dian Noorvy Khaerudin dalam Ujian Terbuka Disertasi yang berjudul “Model Waktu Konsentrasi pada Lahan Drainase Perkotaan”. Dalam Komisi Pembimbing Disertasi yang bertindak sebagai Promotor yaitu Dr. Ir. Rispiningtati, M. Eng; Ko-Promotor I yaitu Ir. Agus Suharyanto, M.Eng dan Ko-Promotor II yaitu Dr. Eng. Donny Harisuseno, ST., MT. Yang bertindak sebagai Penguji dalam Ujian Terbuka DIsertasi kali ini  Dr. Ir. Lili Montarcih, MSc, Prof. Dr. Ir. Wani Hadi Utomo, Dr. Ir. Kustamar, MT, dan Dr. Ir. Edijatno, CES., DEA.

Dr. Dian memaparkan bahwa semakin padatnya pengembangan perkotaan pada desain drainase perkotaan menjadi peranan penting, Salah satu penyebab banjir yaitu drainase yang under desain, tetapi apabila over desain dapat mengurangi efisiensi lahan perkotaan. Adanya permasalahan tersebut sehingga Doktor Teknik Sipil dengan Minat Sumber Daya Air meneliti bagaimana pengaruh Waktu Konsentrasi (Tc) debit air hujan di lahan drainase perkotaan dan kesimpulan yang diperoleh Dr. Dian menemukan model Tc-Noor_UB yakni Tc= 1,39’d2+ (1,02-90,08w-27,67S))K”d+0,89wS.

Konsep Drainase berwawasan lingkungan adalah bagaimana debit air hujan yang jatuh ke tanah tidak langsung dialirkan ke sungai maupun laut. Sebagian air hujan dapat dikendalikan agar meresap kedalam tanah sebagai cadangan air tanah. Rumus Waktu Konsentrasi yang diteliti Dr. Dian dapat menjadi acuan empiris perencanaan eco drainage.

Ujian Terbuka Disertasi yang beerlangsung selama 2 jam memperoleh hasil bahwa Dr. Dian Noorvy Khaerudin telah lulus dengan predikat cumlaude (IP 4.00) dan menyelesaikan studi dalam jangka waktu 3 Tahun.