Bahasa / Language :

logo wika kecil logo polri kecil logo jatim kecil logo nindya karya kecildepartemen-pekerjaan-umum

Disertasi Bambang Padmo Widodo : Kajian Pengaruh Persepsi Kemacetan Lalu Lintas Terhadap Pemilihan Rute Angkutan Barang di Kota Manado

image_pdfimage_print

Pada Hari Kamis, 30 November 2017 telah diselenggarakan Ujian Terbuka Dsiertasi di Jurusan Teknik Sipil FTUB sehingga Program Doktor Teknik Sipil memiliki Doktor baru Dr. Ir. Bambang Padmo Widodo, MT . Doktor baru dengan minat Rekayasa Transportasi memilih judul dalam penelitian Disertasinya “Kajian Pengaruh Persepsi Kemacetan Lalu Lintas Terhadap Pemilihan Rute Angkutan Barang di Kota Manado”

Komisi Pembimbing yang bertindak yakni Prof. Harnen Sulistio, M.Sc., Ph.D selaku Promotor; Ir. Achmad Wicaksono, M.Eng., Ph.D selaku Ko-Promotor I dan Ir. Ludfi Djakfar, MSCE., Ph.D selaku Ko-Promotor II. Yang bertindak sebagai Penguji adalah Prof. Dr. Marjono, M.Phill dan Dr. Bambang Widjanarko Otok, M.SI selaku Penguji Tamu.

Dr. Bambang memaparkan bahwa terdapat masalah yang menyangkut pergerakan angkutan barang di Kota Manado yang menggunakan jalan raya, yaitu kemacetan lalu lintas. Penyebab kemacetan yang paling utama adalah berbaurnya semua jenis kendaraan pada semua peranan fungsi jalan sehingga jaringan jalan tidak berfungsi secara efisien. Beliau juga menjelaskan bahwa akibat dari kemacetan lalu lintas ini adalah setiap sopir akan memilih rute berdasarkan persepsinya sendiri untuk memperoleh biaya perjalanan yang minimal.

Tujuan dari Penelitian ini adalah (1) Mengetahui karakteristik lalu lintas dan pola asal tujuan angkutan barang; (2) Membangun model pengaruh persepsi kemacetan lalu lintas terhadap pemilihan rute angkutan barang; dan (3) Memberikan usul rekomendasi penanganan dan strategi pemilihan rute angkutan barang pada masa yang akan datang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini melalui wawancara tepi jalan (Road Side Interview) pada kendaraan angkutan barang, sehingga menghasilkan kesimpulan sebagai berikut (1) Dari lima akses masuk keluar di Kota Manado bahwa di Kairagi memiliki karakteristik arus lalu lintas yang tinggi dengan jam puncaknya antara pukul 08.00-09.00 terjadi pada Senin; (2) Dari hasil pemilihan rute angkutan barang akibat pengaruh persepsi kemacetan lalu lintas oleh para pengemudi angkutan barang dapat disimpulkan bahwa Variabel X1 (Jarak tempuh) dan X3 (Waktu Tempuh) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pemilihan rute; (3)Terdapat fungsi logit yang dihasilkan oleh Dr. Bambang dan (4) Pola pergerakan angkutan barang didominasi berasal dari akses pintu masuk (gate) Kairagi yang mana gate ini berada pada Kecamatan Mapanget.